Review Single

'You', Lagu Baru Rasa 'Lama' dari Raisa Andriana

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 09/10/2019 19:38 WIB
'You', Lagu Baru Rasa 'Lama' dari Raisa Andriana Raisa merilis lagu terbaru berjudul 'You' pada Selasa (8/10). (Foto: dok. YouTube/Raisa6690)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perlahan tapi pasti, penyanyi Raisa Andriana kembali ke jalur yang membesarkannya, musik. Pada Rabu (9/10), ia merilis video musik terbaru bertajuk You.

Selama beberapa tahun, Raisa adalah salah satu solois 'kesayangan' masyarakat. Mata publik mengikuti gerak-geriknya dengan cermat, ikut jatuh cinta melihat hubungannya dengan aktor Hamish Daud, menunggu dengan ikhlas ketika ia memutuskan cuti bernyanyi demi anak dan suami, dan bergembira ketika sang idola memastikan diri kembali. Raisa memiliki penggemar yang loyal.

Video musik You memiliki warna-warna cerah sejak awal, dibuka oleh Raisa yang berdiri tepat di depan kamera dengan gaun warna merah darah. Pengambilan gambar dilakukan di siang hari di Stadion Renang Akuatik Gelora Bung Karno, memberi nuansa hangat dan menyenangkan.


Ia ditemani banyak penari latar, yang juga menambah warna video You melalui kostum. Sebagian adegan dilakukan di dalam ruangan, di antara kursi-kursi stadion yang digantungi properti berupa handuk berwarna-warni dan area kolam renang yang dihiasi banyak mainan bebek karet, dan sebagian lagi di luar ruangan.

Raisa sendiri tampil 'aman', seperti yang selama ini ia lakukan. Beberapa kali ia berganti kostum, kebanyakan berupa gaun-gaun cantik. Serahkan urusan kaos dan celana pendek pada para penari latar, Raisa bakal tetap memilih kostum bertumpuk atau berlengan panjang yang selama ini jadi gayanya.

Lagu You sendiri ditulis oleh Gamaliel Tapiheru, lelaki yang juga merupakan bagian dari trio vokal GAC dan tampaknya semakin giat di belakang layar penyanyi-penyanyi lain belakangan ini. You terdengar seperti sebuah hal yang biasa ditangani Gamaliel.

Dalam jumpa pers rilis single You di kawasan Bangka, Jakarta Selatan pada Rabu (9/10), ia menyebut dirinya hanya perlu satu hari untuk mengerjakan lagu ini.

You memiliki nuansa RnB serupa seperti Serba Salah, sedikit lebih modern dan vokal Raisa memang cocok dalam tempo sedang seperti ini. Menurut sang penyanyi, single terbaru itu bercerita tentang perasaan 'gila' karena dimabuk cinta, pertempuran rasa dan logika yang bisa dialami siapa saja.
'You', Lagu Baru Raisa Andriana dengan Rasa 'Lama'Raisa memiliki banyak penari latar yang menambah warna video musik 'You'. (Foto: dok. YouTube/Raisa6690)
Lagu dan video musik You terasa 'baik-baik saja'. Dalam artian, aman. Semua berjalan sesuai jalurnya, sesuai batas standar seorang Raisa Andriana. Tidak ada hal baru yang ditawarkan dari segala sudut, meski beberapa waktu lalu ia sempat berkolaborasi dengan DJ dan produser Dipha Barus. Mungkin perubahan hidup pribadinya dalam beberapa tahun terakhir ini sudah cukup baginya, hingga ia memutuskan untuk 'main aman'. 

Atau, bisa jadi, Raisa menyimpan kejutan di lagu lain, seperti aksi di akhir cerita dalam video You. Siapa yang tahu? 

Dalam banyak hal, Raisa mengingatkan pada Adele dengan lagu-lagu melodramatis dan gaya elegan-introvert atau Ariana Grande yang seperti telah memiliki 'taman bermain' sendiri lewat lagu-lagu serta gaya penampilan seksi. Namun, Adele kerap menunjukkan sisi pribadi berbeda dalam wawancara, juga Ariana Grande sering mengungkapkan cara pandang dengan amat terbuka.

Hal ini yang tak ditemui dari Raisa, baik dari sisi musikalitas maupun pribadi. Seperti rilisnya You, segala hal dalam kehidupan Raisa terlihat sempurna. Bila saat ini ia sedang berbahagia, maka itu adalah berita baik. Meski dengan karier dan keluarga, tak ada alasan untuknya tak berbahagia, namun kadang timbul pertanyaan jika ia adalah manusia biasa atau bidadari penuh keberuntungan.

Jangan heran bila tak lama lagi reff "You-uu-uu, youu-uu-uu, you-uu-uu," bakal terdengar di stasiun-stasiun radio dan di penjuru mall. Lagunya mudah didengar, ceria, manis, dan karena semua orang selalu mencintai Raisa, maka formula ini tampaknya masih akan disukai.

[Gambas:Youtube] (rea)