FOTO: Mengurai Sejarah Bangsa Lewat Numismatika

CNNIndonesia/Daniela Dinda, CNN Indonesia | Sabtu, 12/10/2019 10:50 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Museum Bank Indonesia menyelenggarakan Pekan Numismatik yang bertujuan memperkenalkan sejarah numismatik bangsa.

Dalam rangka peringatan Hari Museum Indonesia 2019, Museum Bank Indonesia, Jakarta Barat, Kamis (10/10) mengadakan pameran di area Taman Fatahillah dan Pekan Numismatik 2019 yang terdiri dari pameran numismatika dan wastra dalam uang serta workshop. (CNNIndonesia.com/Daniela Dinda)
Pameran ini dihadiri oleh puluhan kurator museum dari seluruh Indonesia. (CNNIndonesia.com/Daniela Dinda)
Sebagai produk negara, kehadiran mata uang sejatinya merepresentasikan nilai sejarah dan budaya Indonesia. (CNNIndonesia.com/Daniela Dinda)
Acara ini bertujuan mengenalkan sejarah numisnatik Indonesia serta kaitannya dengan perkembangan ekonomi sejak zaman dahulu, kini, dan yang akan datang. (CNNIndonesia.com/Daniela Dinda)
Di sesi workshop, pengunjung akan diberi tahu cara menyimpan dan merawat uang koin dan kertas, serta cara identifikasi keaslian uang kuno. (CNNIndonesia.com/Daniela Dinda)
Sesi tersebut dipandu oleh Club Oeang Revolusi (Core) yaitu komunitas pencinta numisnatik. Sebagian besar anggotanya merupakan kolektor uang yang datang dari Indonesia dan negara-negara lain. (CNNIndonesia.com/Daniela Dinda)
Numismatik artinya merujuk pada alat pembayaran sah yang mencakup kaon, token, uang kertas, maupun benda serupa lainnya. (CNNIndonesia.com/Daniela Dinda)
Ada pula pameran wastra atau kain, yang diadakan karena uang Indonesia kerap menampilkan kain Nusantara. Pameran ini bekerja sama dengan Museum Tekstil. Untuk hiburan, ditampilkan pula kesenian Tari Soreng yang dilatih oleh kurator Eko Supriyanto. (CNNIndonesia.com/Daniela Dinda)