BTS Manggung untuk Pertama Kali di Arab Saudi

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Sabtu, 12/10/2019 19:37 WIB
BTS Manggung untuk Pertama Kali di Arab Saudi Boyband BTS manggung untuk pertama kalinya di Saudi, yang juga menandai konser perdana oleh artis internasional di negara itu. (Jung Yeon-je / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Para perempuan mengenakan abaya berbondong-bondong mendatangi King Fahd International Stadium di Riyadh Arab Saudi, pada Jumat (11/10) malam.

Boyband asal Korea Selatan yang tengah mendunia, BTS, tampil untuk pertama kali di negara Arab tersebut.

Acara yang berlangsung selama tiga jam itu juga menandai pertama kalinya konser oleh artis internasional di Saudi.


BTS menghentak stadion berkapasitas 30 ribu kursi itu dengan lagu "Dionysus". BTS Army dengan hijab atau abaya langsung melompat girang, memegang erat stik warna ungu.


Dilaporkan Yonhap, tujuh anggota BTS mulai dibanjiri keringat di tengah udara panas yang membekap Riyadh hanya setelah dua lagu. Namun faktor cuaca tak menghalangi BTS menghibur para fan dengan bombardir lagu-lagu hits mereka.

Para penonton pun ikut berdendang menyanyikan lagu berbahasa Korea, sambil berteriak memanggil nama-nama idola mereka.

Pemandangan di konser BTS ini sama persis dengan yang terjadi di belahan dunia lain, Asia pun Eropa.

Namun untuk Saudi, konser ini kembali menjadi penanda mulai terbukanya negara konservatif tersebut, termasuk terhadap berbagai budaya pop.

[Gambas:Video CNN]

Sebelumnya, untuk pertama kalinya Saudi mengizinkan perempuan menyetir setelah larangan selama 40 tahun. Saudi juga membolehkan perempuan menonton pertandingan sepak bola di stadion, serta membuka bioskop.

"Hari ini adalah festival bagi para Army yang sudah menunggu lama," kata personel BTS, RM.

Beberapa personel BTS juga tampil solo. Mereka sempat pula menyanyikan lagu selamat ulang tahun dalam bahasa Arab untuk merayakan hari lahir Jimin sebentar lagi.


"Ini adalah pertama kali saya di Arab Saudi dan saya sangat terkejut melihat kalian sangat menikmati ini. Boleh kah saya kembali?" kaya Suga.

Alma, seorang fan BTS berusia 26 tahun mengatakan kesukaannya kepada BTS membuatnya bahkan mengetahui apa yang terjadi di Korsel meski ia tinggal jauh di lain benua.

"Saya suka boyband terbesar di dunia saat ini ada di Arab Saudi dan mereka belajar soal kebudayaan Arab Saudi," ujarnya.

Helatan di Saudi ini merupakan rangkaian konser BTS "Love Yourself: Speak Yourself", yang sebelumnya sudah tampil di beberapa kota besar di Amerika Serikat, London, Paris dan Jepang.

Konser ini juga menjadi momen kembalinya BTS setelah sempat vakum selama lima pekan pada Agustus dan September.

"Love Yourself: Speak Yourself" akan ditutup dengan penampilan BTS di Seoul pada 26, 27 dan 29 Oktober mendatang. (stu)