Daftar Konser Ditunda dan Batal karena Pelantikan Presiden

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 16/10/2019 18:19 WIB
Daftar Konser Ditunda dan Batal karena Pelantikan Presiden Sejumlah konser ditunda dan batal dilaksanakan karena bertepatan dengan masa tenang sebelum dan sesudah momen pelantikan Presiden 20 Oktober 2019. (Agus Suparto/Fotografer Pribadi Jokowi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelantikan pasangan presiden dan wakil Presiden periode 2019-2024 bakal dilaksanakan pada akhir pekan ini, Minggu (20/10).

Hal tersebut membuat sejumlah acara termasuk konser dan pertunjukan yang digelar mendekati acara pelantikan terpaksa ditunda atau dibatalkan.

Sejumlah penyelenggara mengungkapkan alasan penundaan hingga pembatalan itu atas saran pihak kepolisian yang juga dilakukan demi mengantisipasi keamanan selama acara.


Berikut daftar konser yang ditunda serta dibatalkan akibat gelaran acara pelantikan presiden dan wakil presiden.

Gyeonggi K-Culture FESTA 2019 Batal

Festival yang seharusnya diselenggarakan pada 19 dan 20 Oktober mendatang di Istora Senayan Jakarta dibatalkan karena tak mendapat izin dari pihak kepolisian.

"Kepada semua peserta yang telah menunjukkan minat untuk berpartisipasi dalam Follow Gyeonggi K-Culture FESTA 2019, kami menyesal untuk memberi tahu Anda bahwa Follow Gyeonggi K-Culture FESTA 2019, yang dijadwalkan pada 19 dan 20 Oktober, akan dibatalkan mengikuti saran dari pihak berwenang terkait dengan memastikan keamanan acara, yang akan diadakan khusus pada tanggal-tanggal ini," tulis keterangan penyelenggara lewat pernyataan di Instagram.

[Gambas:Instagram]

Acara Gyeonggi K-Culture FESTA 2019 semula akan dihadiri sejumlah bintang kenamaan Korea di antaranya, Kim Jong Kook 'Running Man', Taemin, Apink, Epik High, AKmu, Hwang Chiyeul, The Rose, dan lainnya.

Konser Tulus di Solo Ditunda

Konser Tulus yang semula dijadwalkan diadakan pada 18 Oktober 2019 di De Tjolomadoe, Solo ditunda menjadi 24 Oktober 2019.

Pihak penyelenggara Rajawali Indonesia mengatakan bahwa penundaan mengacu pada izin keramaian yang diajukan tidak dipenuhi.

"Putusan dirilis pada Senin, 14 Oktober 2019. Terkait keamanan masa tenang menuju pelantikan presiden. Maka, Tulus Tur Sewindu Solo ditunda. Tur Sewindu dijadwalkan ulang untuk diselenggarakan pada 24 Oktober 2019 di De Tjolomadoe, Solo," tulis keterangan pihak penyelenggara.

[Gambas:Instagram]

Pertunjukan Jakarta Rock Space Ditunda

Jakarta Rock Space semula dijadwalkan pada 18 Oktober 2019, ditunda dan dijadwalkan ulang menjadi 30 Oktober 2019.

Hal itu terkait dengan situasi keamanan pada masa tenang sebelum dan sesudah Pelantikan Presiden Republik Indonesia yang akan dilaksanakan 20 Oktober 2019 di Gedung DPR/MPR RI.

"Selain Masa Tenang tersebut, venue konser Jakarta Rock Space juga termasuk dalam area Ring Satu pengamanan," tulis keterangan penyelenggara via Instagram.

Akan tetapi, Jakarta Rock Space menjanjikan akan tetap hadir dengan penampil yang sama yakni, Godbless, Edane, NTRL dan Jamrud pada 30 Oktober 2019, di venue yang sama yaitu Livespace, SCBD.

[Gambas:Instagram]

YouTube FanFest Jakarta Ditunda

Kegiatan YouTube FanFest Jakarta yang semula dijadwalkan diadakan pada Sabtu (19/10) juga ditunda hingga waktu yang belum diketahui. Pihak penyelenggara mengatakan penundaan ini berdasarkan rekomendasi dari pihak kepolisian.

"Setelah menerima rekomendasi dari pihak berwenang di Indonesia, kami memutuskan untuk sementara menunda #YTFFID di Jakarta akhir pekan ini (19/10). Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Pemegang tiket akan menerima email berisi informasi tentang tiket mereka hari ini. Ikuti akun @youtubefanfest untuk informasi selanjutnya," tulis keterangan penyelenggara lewat Instagram.

[Gambas:Instagram] (agn/end)