Review Single

Paket Kebahagiaan Super Junior dalam 'SUPER Clap'

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 18/10/2019 12:18 WIB
Paket Kebahagiaan Super Junior dalam 'SUPER Clap' Super Junior 'comeback' dengan formasi lengkap lewat video musik 'SUPER Clap'. (Foto: Dok. SM Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia -- Super Junior kembali. Salah satu boyband veteran Korea Selatan ini akhirnya kembali dengan formasi 'lengkap' setelah seluruh anggotanya menyelesaikan wajib militer pada pertengahan 2019.

Super Junior merilis video musik SUPER Clap pada Kamis (17/10) waktu setempat, yang menjadi lagu utama dalam album studio kesembilan mereka, Time_Slip.

Beat cepat, popping para member serta Eunhyuk berambut neon yang ditampilkan di awal seakan menjanjikan video musik SUPER Clap akan menyenangkan.


Hal tersebut memang ditunjukkan sepanjang durasi tiga menit 49 detik. Tiap member terlihat bersenang-senang dalam video musik tersebut.

Salah satu yang menarik perhatian adalah adu tari Heechul serta Shindong di tengah video yang menjadi satu-satunya bagian Heechul di sepanjang video.

Heechul memang tak ikut bagian koreografi karena alasan kesehatan. Namun, terbukti bahwa hal itu tak menjadi alasan bagi salah satu member tertua dalam grup tersebut untuk tak ikut bersenang-senang.

Siwon pun terlihat menjadi dirinya sendiri. Mulai dari adegan bermain tenis bersama Eunhyuk hingga adegan berjalan menuju jet jelang akhir video.

SUPER Clap merupakan lagu yang dihasilkan setelah seluruh member Super Junior bergantian menyelesaikan wajib militer dalam 10 tahun. Namun, Super Junior menunjukkan umur hanya sebuah angka.

Dalam SUPER Clap, mereka terlihat seperti masih berusia akhir 20an atau awal 30an. Padahal, rata-rata usia anggota dari grup yang debut pada 2005 ini 34 tahun. Ryeowook, salah satu member termuda Super Junior, bahkan terlihat seperti mahasiswa dalam video tersebut.

Paket Kebahagiaan Super Junior dalam 'SUPER Clap'Heechul dan Shindong Super Junior mendapat bagian menarik di video musik 'SUPER Clap'. (Foto: Dok. SMTown/YouTube)
Secara koreografi, SUPER Clap terlihat lebih sederhana nan apik dibandingkan lagu-lagu sebelumnya. Super Junior lebih fokus pada gerakan-gerakan besar dan tepuk tangan sesuai dengan judul lagu utama mereka.

Dalam SUPER Clap, Kyuhyun mendapatkan bagian breakdance jelang akhir video. Biasanya, hal itu menjadi bagian Eunhyuk, Donghae atau Shindong.

Namun, kali ini bagian itu merupakan hadiah dari koreografer kepada Kyuhyun sebagai member termuda dan yang terakhir menyelesaikan wajib militer.

Secara keseluruhan, Super Junior bersenang-senang dengan nuansa retro dalam SUPER Clap. Video tersebut juga dinominasi dengan warna biru yang menjadi ciri khas Super Junior dan penggemar atau ELF.

Musik, video musik, serta penampilan Super Junior dalam SUPER Clap merupakan sebuah comeback apik yang telah saya nantikan sejak beberapa tahun lalu.

[Gambas:Youtube] (chri/rea)