Tinggal Sehari, 'Musik untuk Republik' Menanti Jokowi

CNN Indonesia | Minggu, 20/10/2019 06:34 WIB
Tinggal Sehari, 'Musik untuk Republik' Menanti Jokowi Gitaris Kla Project, Lilo, berharap Jokowi hadir di hari terakhir 'Musik untuk Republik'. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)
Jakarta, CNN Indonesia -- Personel Kla Project Romulo Radjadin alias Lilo berharap Presiden Joko Widodo bisa menyempatkan diri hadir dan menyaksikan persembahan dari puluhan musisi selama penyelenggaraan konser 'Musik untuk Republik'.

Diketahui, Konser Musik untuk Republik diselenggarakan selama tiga hari sejak Jumat sampai Minggu, 18-20 Oktober 2019.

Pria yang juga menjadi Ketua 3 konser ini mengatakan pihaknya juga sudah mengundang Jokowi secara langsung.

"Kemarin saya menghadap beliau (Jokowi), mau undang," kata Lilo, di Cibubur, Sabtu (19/10).

Menurut Lilo, dirinya dan musikus lain yang ikut menghadap Jokowi sempat mengadu tentang kondisi antar sesama musisi yang dianggap terbelah akibat Pemilihan Presiden (Pilpres) April 2019.

Presiden Jokowi beberapa kali muncul di pentas musik cadas. Namun, kini hal itu sudah jarang dilakukannya.Presiden Jokowi beberapa kali muncul di pentas musik cadas. Namun, kini hal itu sudah jarang dilakukannya. (Dok. Agus Suparto/Fotografer Pribadi Jokowi)
"Kami ini mau (sekalian) kasih tahu. Musisi pecah lho. Nah, kami mau nyatuin lagi (lewat konser ini)," ucap dia.

Lilo mengatakan Jokowi sangat mendukung acara ini terlebih tujuannya menyatukan musikus dan masyarakat pasca Pilpres.

"Terus saat itu Pak Presiden nanya, perlu apa. Kami tidak perlu apa-apa. Kami tidak perlu uang dan apa-apa. Kami hanya minta bapak hadir," ucap dia.

Namun kata dia sudah dua hari acara ini Jokowi tak kunjung hadir. Ia paham karena Jokowi sedang disibukan dengan berbagai kegiatan termasuk persiapan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden (2019-2024) besok.

"Tapi 18-19 udah lewat, ya mungkin besok. Tapi tidak hadir juga tidak apa-apa," kata dia.

Ia menambahkan kemungkinan 'Musik untuk Republik' bakal menjadi agenda tahunan yang diselenggarakan bukan cuma di wilayah Jakarta.

[Gambas:Video CNN]
"Ya daerah lain kami bisa gelar sampai semua elemen masyarakat dan musisi bersatu kembali," kata Lilo.

Di tempat yang sama, band rock yang populer di era 90-an Voodoo berharap Presiden Joko Widodo hadir di gelaran itu. Terlebih, konser ini juga menampilkan genre rock yang merupakan kegemaran mantan Wali Kota Solo itu.

"Ya Pak Presiden kan suka musik, mudah-mudahan musik kita jadi bisa lebih berkembang dan berkualitas," kata Vokalis Voodoo Novy Rock.

Jokowi diketahui kerap hadir dalam beberapa konser musik berbagai genre di dalam negeri. Jokowi pernah datang ke konser Metallica, Synchronize Festival, hingga Guns N Roses.

Diketahui, Jokowi, bersama Ma'ruf Amin, akan dilantik sebagai Presiden-Wakil Presiden periode 20219-2024 di MPR, 20 Oktober. Sebelum dan sesudah pelantikannya, Jokowi diketahui banyak disibukkan dengan agenda menerima kunjungan sejumlah pemimpin atau pun utusan khusus negara sahabat sejak pagi hingga malam hari, di Istana Merdeka.


(ryh/arh)