Sinopsis '6,9 Detik', Perjuangan Aries Susanti Pecahkan Rekor

Tim, CNN Indonesia | Senin, 21/10/2019 02:50 WIB
Sinopsis '6,9 Detik', Perjuangan Aries Susanti Pecahkan Rekor Kisah kehidupan atlet Aries Susanti Rahayu diceritakan lewat film '6,9 Detik'. (Foto: ANTARA FOTO/INASGOC/Hendra Nurdiyansyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Atlet panjat tebing putri Indonesia, Aries Susanti Rahayu, memecahkan rekor dunia usai mencatatkan waktu 6,995 detik pada Kejuaraan International Federation of Sport Climbing (IFSC) World Cup di Xiamen, China, Sabtu (19/10).

Torehan impresif di nomor woman speed itu membuat Aries mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang Yiling Song dengan waktu 7,101 detik. Aries pun meraih medali emas di ajang ini.

Sebelumnya, kisah kehidupan Aries sendiri sempat diangkat ke dalam layar lebar dalam judul 6,9 Detik dan tayang pada September lalu.


Film 6,9 Detik menceritakan kisah tumbuh kembang sang atlet yang berasal dari Purwodadi yang lantas berhasil mengantongi medali emas Asian Games 2018. Kisahnya berfokus pada perjalanan hidup Aries sebagai anak seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang mencari caranya sendiri untuk berprestasi dalam segala keterbatasan.

Ayu, sapaan hangat Aries, hidup dengan gelisah, mencari jalannya sendiri saat remaja menjadi atlit panjat tebing nasional. Ledakan emosinya selama tumbuh kembang, berhasil menjadikannya juara dunia yang bersinar saat Asian Games 2018.

Ia dibentuk oleh segala aral pencarian jati diri dan harapan orang tuanya. Ia mempertanyakan apakah menjadi juara artinya berdamai dengan segala luka dan suka yang telah lewat.

Di sisi lain, film ini juga menunjukkan kerja keras para atlet Indonesia termasuk Aries untuk meraih medali emas. Peluh, lelah, latihan keras, tekanan, dan berbagai ragam rintangan ia lakukan demi mengharumkan nama Indonesia di mata dunia.

Film yang dibintangi Aries sendiri ini disutradarai oleh Lola Amaria dengan pemeran pendukung seperti Ariyo Wahab, Rangga Djoned, dan Maryam Supraba.

[Gambas:Youtube] (agn/rea)