22 November, Coldplay Rilis Album Ganda 'Everyday Life'

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 22/10/2019 14:32 WIB
22 November, Coldplay Rilis Album Ganda 'Everyday Life' Coldplay mengumumkan akan merilis album ganda pada 22 November mendatang. (Foto: Kevin Winter/Getty Images for iHeartMedia/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Coldplay diumumkan bakal merilis album ganda pada 22 November mendatang. Sebelumnya, mereka telah mengeluarkan sejumlah petunjuk misterius yang segera disambut gembira oleh penggemar.

Kampanye jelang album baru itu sampai di banyak negara di seluruh dunia. Sejak pertengahan Oktober, tiba-tiba di Sao Paulo, Berlin, Hong Kong, Madrid, Munich dan Sydney tertempel poster-poster yang menggambarkan sejumlah pria dalam balutan jas formal dengan wajah serius.

Pria-pria itu, yang adalah personel Coldplay yang sedang duduk dengan seorang filsuf, penyair dan komposer legendaris Jerman Friedrich Nietzsche, terlihat memegang instrumen musik dan memandang ke depan. Di bass drum, terpampang tulisan berbunyi 'The Wedding Band Dance Orchestra'. Dengan nuansa hitam-putih, poster tersebut tampak seperti gambar lama yang sudah usang.
Dicetak dalam berbagai ukuran dan tertempel di mana-mana, terdapat tulisan tanggal dengan gaya penulisan berlekuk khas era terdahulu. 22 November 1919, demikian kata tulisan itu.

NME menyebutkan, di saat bersamaan Coldplay mengganti foto profil di berbagai akun media sosial dengan gambar matahari dan bulan. Penggemar segera berspekulasi, ini adalah proyek terbaru dari Coldplay.


Sebelumnya, Chris Martin sang vokalis telah mengatakan bahwa mereka akan kembali dengan rekaman 'bercita rasa seni tinggi' sebelum tahun 2019 berakhir. Namun saat itu, ia tak mengatakan apa-apa soal album ganda.

Sebuah sumber dalam berkata, "Album pertama bakal menunjukkan lebih banyak sisi eksperimental Coldplay. Mereka kemungkinan tak menggelar tur sampai tahun 2020 ketika album berikutnya sudah jadi."

Mengutip Variety, album ganda itu diberi tajuk 'Everyday Life'. Mengiringi pengumuman album baru ini, Coldplay menulis sebuah surat, yang lagi-lagi disampaikan dengan gaya kuno, memakai gaya kartu pos yang diketik menggunakan mesin ketik, dan penulisan yang sengaja dibuat salah.



"Teman-teman tersayang, ketikan saya tidak sangat bagus, maafkan saya dan saya harap di manapun kau berada, kau baik-baik saja. Dalam 100 tahun terakhir atau sekitar itu, kami telah mengerjakan sesuatu yang disebut Everyday Life, yang mungkin akan kau tulis sebagai iklan baris 'album ganda untuk dijual, pemilik sangat berhati-hati'," tulis Coldplay dalam surat itu.

"'Yang satu bernama Sunrise, yang lain [bernama] Sunset, keluar pada 22 November. [Album] ini merupakan gambaran dari apa yang kami rasakan tentang banyak hal. Kami mengirimkan banyak cinta untukmu dari hibernasi kami. Chris, Jonny, Guy dan Will Champion."



Coldplay memang terlihat menghilang beberapa bulan terakhir. Mereka mulai kembali bergerak dalam dua minggu terakhir, ketika poster mulai beredar. Kini, penggemar menyambut kembali kedatangan sang idola yang baru tahun lalu merilis film dokumenter dan live album bertajuk Head Full of Dream. (rea)