G-Dragon Dinilai Bisa 'Selamatkan' YG Entertainment

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 26/10/2019 08:16 WIB
Analis ekonomi Korea, Lee Ki-hoon menyebut selama lima tahun, BIGBANG dan G-Dragon menyumbang sampai 50 persen dari seluruh pendapatan YG Entertainment. Kembalinya G-Dragon dari masa wajib militer disebut akan dapat menyelamatkan masa depan YG Entertainment. (dok. Big Bang via Facebook)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kehadiran G-Dragon pasca wajib militer dinilai bisa menghidupkan kembali 'keuntungan' YG Entertainment. Penilaian itu disampaikan analis ekonomi asal Hana Financial, Lee Ki-hoon.

Lee Ki-hoo mengatakan kehadiran kembali G-Dragon di industri musik bisa menyelamatkan YG Entertainment dari penurunan nilai saham akibat banyak skandal yang menerpa artis bahkan mantan CEO-nya sendiri, Yang Hyun-suk.


Pandangan tersebut disampaikan berdasarkan total pemasukan yang diberikan G-Dragon bersama BIGBANG ketika masih aktif bermusik beberapa tahun lalu.


"Selama lima tahun, pendapatan tur BIGBANG menyumbang 40-50 persen dari seluruh pendapatan YG Entertainment," ucap Lee Ki-hoon seperti dilansir Star News via Naver.

Oleh sebab itu, ia memprediksi kembalinya G-Dragon dan tur BIGBANG bisa membuat YG Entertainment kembali ke jalur awal.

"Jika BIGBANG bisa menggelar tur Japan Dome kembali, mereka bisa meraih lebih dari 30 miliar won dalam keuntungan operasional tahunan," tutur Lee Ki-hoon.

G-Dragon Dinilai Bisa 'Selamatkan' YG EntertainmentG-Dragon bersama BIGBANG. G-Dragon dianggap sebagai 'aset' yang dapat menyelamatkan YG Entertainment dari keterpurukan. (dok. YG Entertainment)
Namun sebelum itu, Lee Ki-hoon juga optimistis jika salah satu agensi terbesar di Korea Selatan tersebut bisa mulai pulih pada kuartal keempat 2019 berkat artis muda mereka.

Dalam beberapa bulan terakhir, artis muda YG Entertainment seperti AKMU, WINNER dan BLACKPINK baru saja comeback. Lagu mereka pun selalu bertahan di puncak tangga lagu Korea Selatan.

Terkait BIGBANG, G-Dragon dijadwalkan menyelesaikan wajib militer pada 26 Oktober. Ia akan menjadi member kedua yang selesai wamil setelah T.O.P. Dulu keduanya membuat sub-unit bernama GD&T.O.P dan merilis beberapa album sejak 2010.

Sementara itu, dua member BIGBANG lainnya yakni Taeyang dan Daesung saat ini masih menjalani wajib militer dan dijadwalkan keluar pada November 2019.

Namun, seorang sumber di YG Entertainment sempat mengungkapkan bahwa belum ada rencana comeback bagi para BIGBANG dalam waktu dekat. Menurutnya, hal itu baru bisa dibahas kembali apabila seluruh member telah menyelesaikan wajib militer. (chri/rea)