Review Konser

Mendengar Men I Trust 'Bicara' Lewat Lagu

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 25/10/2019 19:51 WIB
Mendengar Men I Trust 'Bicara' Lewat Lagu Men I Trust membuai penggemar di Senayan, Jakarta, Kamis (24/10). (Foto: CNN Indonesia/ M Andika Putra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Satu per satu personel Men I Trust naik panggung. Vokalis sekaligus gitaris Emma Prolux naik terakhir, ia membawa selembar kertas yang merupakan setlist.

Setelah menempel setlist di bawah, Emma mengalungkan gitar Fender Stratocaster warna merah, kemudian menyapa pengunjung Jakarta Weekday Festival 2019, Kamis (24/10). Belum juga tampil, Men I Trust sudah disambut dengan riuh.

Tanpa basa basi mereka membawakan dua lagu bertajuk Tailwhip dan Show Me How tanpa jeda. Dua lagu tersebut merupakan hit band asal Kanada ini, banyak pengunjung yang hafal dan ikut bernyanyi.


Baru di awal penampilan, saya sudah terkesima dengan permainan Men I Trust, terutama vokal Emma. Permainan mereka sangat rapi, dan vokal Emma terdengar sama persis seperti yang saya dengar di layanan musik streaming.

Hal itu seolah menjadi salah satu bukti bahwa Emma memang memiliki vokal yang berkualitas. Kemungkinan besar saat rekaman suaranya tidak dipoles efek, pun kalau ada hanya sedikit.

Sayang tidak sepenuhnya penampilan Men I Trust bagus. Pada bagian tengah penampilan tata suara yang terdengar buruk, tepatnya ketika membawakan lagu Days Go By, You Deserve This dan Humming Man.

Pada sederet lagu itu vokal Emma terdengar seperti terpendam, walau memang dalam rekaman volume vokal Emma tidak dominan. Namun pada Kamis (24/10) malam, vokalnya 'kalah' dari instrumen yang lebih kencang.

Tampaknya hal itu bukan kesalahan Men I Trust, bisa jadi penyelenggara acara yang tidak menyediakan tata suara baik atau kesalahan sound engineer yang mengoperasikan mixer.

Mendengar Men I Trust 'Bicara' Lewat LaguPenampilan Men I Trust di Senayan, Jakarta, Kamis (24/10). (Foto: CNN Indonesia/ M Andika Putra)
Pasalnya tata suara Efek Rumah Kaca yang tampil di panggung yang sama dengan Men I Trust juga buruk. Pada banyak lagu vokal Cholil Mahmud terdengar 'mendam'.

Beruntung tata suara kembali baik di akhir penampilan band beraliran dream pop ini. Tepatnya ketika mereka membawakan lagu Numb, All Night, dan Thirsty.

Meski begitu, Men I Trust terbilang jarang berinteraksi dengan penonton. Emma berinteraksi dengan kata-kata standar seperti musisi kebanyakan, seperti berterima kasih dan menyapa penonton di Jakarta.

Tapi mereka memang tidak perlu sering berkomunikasi dengan pengunjung. Interaksi yang dilakukan lewat lagu sudah sangat cukup, terlebih lagu Men I Trust memang lebih enak dinikmati dengan santai tanpa perlu prolog.

Mereka menutup penampilan dengan membawakan lagu Thirsty hasil kolaborasi Men I Trust dengan Geoffroy dan Seven. Setelah itu ketiga personel turun panggung tanpa mempedulikan permintaan encore dari penonton yang berteriak, "We want more!".

Kurang lebih mereka tampil selama 45 menit. Durasi yang terbilang singkat untuk penampilan langsung, tapi sangat menyenangkan bisa menyaksikan Men I Trust. (adp/rea)