G-Dragon, Si Musisi Genius yang Kembali Usai Wamil

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 26/10/2019 07:33 WIB
G-Dragon, Si Musisi Genius yang Kembali Usai Wamil Leader Big Bang, G-Dragon akan keluar dari wajib militer pada Sabtu (26/10) dan jadi momen si musisi jenius kembali ke penggemarnya. (Starnews / Starnews / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Leader Big Bang, G-Dragon akan keluar dari wajib militer pada Sabtu (26/10). Momen penyanyi sekaligus rapper ini setelah menjalani wajib militer sejak 27 Februari 2018 lalu menjadi perayaan bagi penggemarnya.

G-Dragon, atau yang juga dikenal dengan GD, lahir pada 18 Agustus 1988 dengan nama asli Kwon Ji-yong. Ia sudah memulai masa pelatihan di usia yang muda, delapan tahun atau pada 1996.

Masa pelatihan yang ia jalani sendiri terbilang lama, 10 tahun, atau hingga 2006. Masa pelatihan tersebut ia akhiri dengan resmi bergabung dalam Big Bang di bawah naungan YG Entertainment.


Karier GD terbilang cemerlang. Ia dikenal amat berbakat dan multi-talenta.

GD tercatat bukan hanya sebagai pemimpin dari boyband fenomenal Big Bang, tetapi juga sebagai rapper, penyanyi, penulis lagu, hingga produser grup tersebut.

Tercatat, G-Dragon terlibat dalam sebagian besar lagu hit Big Bang, sebut saja Lies, Last Forever, dan Day by Day. Sejak 2006 hingga 2016, Big Bang telah menghasilkan tiga album versi Korea dan lima dalam versi Jepang.

G-Dragon tak menyia-nyiakan bakatnya. Ia menjajal solo karier, tanpa meninggalkan Big Bang, pada 2009 dengan album debut Heatbreaker.

Album itu sukses besar dan terjual melebihi 200 ribu kopi. Bukan hanya itu, album yang ia tulis dan produser sendiri itu juga menghasilkan penghargaan Album of the Year dari Mnet Asian Music Awards 2009.

GD juga menuai kesuksesan dari album-album setelahnya, seperti 'One of a Kind' (2012), 'Coup D'Etat' (2013) dan 'Kwon Ji Yong' (2017).

Kolaborasi yang terbilang ikonis dari GD adalah ketika dirinya bekerja sama dengan sesama anggota Big Bang, T.O.P dalam album GD & TOP. Album ini menelurkan tiga single populer, 'High High', "Oh Yeah', dan 'Knock Out'.

[Gambas:Youtube]

Kemampuan GD dalam menulis lagu terbilang amat istimewa. Ia bahkan dijuluki media lokal sebagai musisi genius karena kemampuannya dalam bermusik.

Bahkan pada 2000, ia menjadi penerima termuda penghargaan 'The 10 Greatest Korean Composer'.

GD juga tergolong produktif, hingga Agustus 2015 saja, ia tercatat memiliki 165 lagu yang terdaftar di Asosiasi Hak Cipta Musik Korea dan menjadi salah satu musisi Korea dengan royalti terbanyak.

G-Dragon, Si Musisi Jenius yang Kembali Usai WamilGD tercatat bukan hanya sebagai pemimpin dari boyband fenomenal Big Bang, tetapi juga sebagai rapper, penyanyi, penulis lagu, hingga produser grup tersebut. (Dok. YG Entertainment via Facebook)

Sebelum menjalani wajib militer pada 2018, G-Dragon sempat menghasilkan album mini versi Korea pada 2017 bertajuk Kwon Ji Yong. Album ini laris di China hingga terjual lebih dari 1,4 juta kopi.

Kini, G-Dragon siap kembali menyapa penggemarnya usai menjalani kewajiban sebagai lelaki warga negara Korea Selatan. Meskipun, kini YG Entertainment dan Big Bang diterpa badai skandal selama GD wamil.

Selama wamil, ia resmi masuk pusat pelatihan Divisi Infantri ketiga pada 27 Februari dan semula dijadwalkan keluar pada November 2019.

Namun perubahan kebijakan yang diterapkan pemerintah Korea Selatan bisa membuat G-Dragon menunaikan kewajibannya lebih cepat yakni pada 26 Oktober 2019.

Saat menjalani wajib militer, G-Dragon kerap ditimpa isu miring yakni menerima perlakuan khusus seperti mendapat ruang perawatan VIP yang dilengkapi dengan AC, TV, serta kulkas usai operasi pergelangan kaki.

Ia juga pernah dikabarkan melanggar peraturan dengan melewati ambang batas izin keluar. G-Dragon disebut telah izin keluar 33 kali padahal batas maksimal adalah 30 kali.

Tetapi, seluruh kabar tersebut dibantah Kementerian Pertahanan dengan menegaskan G-Dragon tak pernah menerima perlakuan khusus ketika sakit dan baru menggunakan izin sebanyak 26 kali.

[Gambas:Youtube] (end)