Wishnutama Tak Akan Utak-atik Visi Awal Bekraf

CNN Indonesia | Minggu, 27/10/2019 01:51 WIB
Wishnutama Tak Akan Utak-atik Visi Awal Bekraf Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio memastikan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) tetap memiliki peran yang sama untuk mengurus sektor ekonomi kreatif.

Wishnutama mengatakan dirinya tidak akan mengutak-atik fungsi Bekraf. Enam deputi Bekraf juga tetap akan ada untuk membantu kerja Wishnutama.

"Bekraf masih akan seperti sedia kala. Tidak ada perubahan. Tanggung jawabnya sama saja dengan deputi-deputi itu tetap ada," kata Wishutama kepada awak media di Gedung PUPR, Jakarta Selatan, Sabtu (26/10).


Ia mengatakan Bekraf memiliki peran yang strategis. Bersama badan yang pernah dipimpin Triawan Munaf itu, ke depannya ia akan mengembangkan ekonomi kreatif di kota-kota tier kedua.

Wishnutama akan memastikan bahwa rakyat pedesaan bisa memberdayakan dan merasakan manfaat dari ekonomi kreatif.

"Bukan hanya kreatif ekonomi di kota kota besar tapi juga saya mendapatkan tanggung jawab untuk mengembangkan agar nilai nilai kreatifitas bisa dinikmati rakyat pedesaan semakin merata," kata Wishnutama.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memutuskan meleburkan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dalam Kementerian Pariwisata.

Hal itu disampaikan saat ia memperkenalkan secara resmi untuk pertama kalinya para pembantunya dalam Kabinet Indonesia Maju pada Rabu (23/10) pagi di Istana Merdeka.

Mantan Kepala Bekraf, Triawan Munaf mengatakan selain mengadakan acara ekonomi kreatif, Bekraf pun sudah membangun ekosistem industri musik dan perfilman Indonesia yang lebih baik, seperti menghapus Daftar Negatif Investasi (DNI) bagi kemajuan perfilman serta mengadakan program Portamento untuk metadata musik Indonesia.


[Gambas:Video CNN]

(jnp/ard)