K-Pop Oktober 2019, Debut Super M dan Kepergian Sulli

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 31/10/2019 20:30 WIB
K-Pop Oktober 2019, Debut Super M dan Kepergian Sulli Super M memulai debut dengan jejak mengesankan di Hollywood. (dok. SM Town)
Jakarta, CNN Indonesia -- Oktober 2019 menjadi salah satu bulan penuh kejutan bagi penggemar K-Pop. Dalam bulan tersebut hal baik dan tak terduga terjadi di industri musik Korea Selatan seperti debut boyband baru, hingga kabar meninggal salah seorang idol.

Berikut adalah lima hal terkait K-pop yang terjadi di Oktober 2019:


1. Debut Super M, Kelompok Avengers SM Entertainment



Awal Oktober (4/10) dibuka dengan debut dari Super M yang digadang-gadang akan menjadi Avengers dari K-Pop.

Super M merupakan grup hasil kerja sama SM Entertainment dengan Capitol Records dan melangsungkan debut di Hollywood dengan lagu utama berjudul Jopping.

Grup ini dibentuk dari beberapa member grup asuhan SM Entertainment mulai dari Taemin SHINee, Kai dan Baekhyun EXO, serta Taeyong, Mark, Ten, dan Lucas NCT.

Album debut Super M - The 1st Mini Album menduduki puncak tangga musik AS Billboard 200. Hal tersebut mengantar Super M meraih posisi tertinggi di antara grup K-Pop lain yang menembus pasar musik AS.

Selain itu, Super M juga sempat hadir sebagai bintang tamu acara The Ellen Show pada 9 Oktober lalu.

[Gambas:Youtube]

2. Kepergian Sulli ex-f(x)

Pada pertengahan Oktober, dunia industri musik Korea Selatan dihebohkan kabar meninggalnya Choi Jin-ri atau yang lebih dikenal sebagai Sulli.

Pada 14 Oktober, Sulli ditemukan meninggal di kediamannya di Sujeong-gu, Seongnam, Provinsi Gyeonggi, setelah tak bisa dihubungi oleh manajernya. Ia diduga bunuh diri karena depresi.

Kabar meninggalnya mantan anggota f(x) tersebut membuat banyak artis Korea Selatan membatalkan acara, seperti Super Junior dan Amber. Taeyeon Girls' Generation dan IU juga menunda jadwal perilisan album.

Akibat dari kejadian ini, Korea Selatan berencana membuat sebuah Undang-Undang yang akan diberi nama Sulli Law atau Sulli Act. Undang-Undang ini bertujuan untuk mengatur tentang komentar jahat di internet.

3. Penyelidikan Perhitungan Suara 'Produce 101'

Kepolisian mulai menginvestigasi dugaan kecurangan dalam perhitungan suara ajang pencarian bakat Produce 101. Hal itu bermula dari kecurigaan melihat pola angka tertentu dari hasil akhir musim keempat acara tersebut.

Padahal, perhitungan suara masuk dari penonton menjadi penentuan anggota yang akan debut. Namun, penonton mulai mempertanyakan kebenaran dan keabsahan dari suara masuk dan perhitungannya.

Para penggemar menduga Mnet, stasiun tv yang membuat acara tersebut, melakukan kecurangan sehingga beberapa kandidat tersingkir secara tidak adil.

Produce 101 merupakan salah satu acara survival terpopuler di Korea Selatan. Acara ini sudah berhasil menghasilkan beberapa jebolan ternama seperti Wanna One, IZ*ONE, dan X1.

Selama bulan Oktober, lima agensi entertainment telah diperiksa polisi, salah satunya adalah Starship Entertainmet yang menaungi Minhee dan Hyeongjun X1. Polisi juga telah mengamankan ponsel staf untuk pengumpulan data.

4. G-Dragon Selesaikan Wajib Militer

Leader BIGBANG G-Dragon akhirnya resmi menyelesaikan masa wajib militer pada 26 Oktober setelah kurang lebih mengabdi selama dua tahun kepada negara. Dalam masa tugas, ia bertugas sebagai tentara aktif dalam divisi White Skeleton.

Sebelumnya, ia dijadwalkan keluar wajib militer pada November 2019 namun karena perubahan kebijakan pemerintah Korea Selatan, salah seorang ikon fesyen Korea tersebut menyelesaikan masa wamil sebulan lebih awal.

Kepulangan G-Dragon, berdasarkan pengamat, dinilai sebagai salah satu peluang untuk menyelamatkan YG Entertainment dari skandal bertubi-tubi yang membuat Seungri BIGBANG, Hanbin atay BI iKON bahkan CEO Yang Hyun-suk harus hengkang dari perusahaan tersebut.

K-Pop Oktober 2019, Debut Super M dan Kepergian SulliTidak diketahui pernah memiliki masalah, Woojin tiba-tiba dikabarkan hengkang dari Stray Kids. (dok. JYP Entertainment)

5. Hwall, Woojin dan Wonho Hengkang

Pada pekan terakhir Oktober, tiga idol memutuskan keluar dari grup masing-masing. Salah satunya ialah Hwall yang memilih hengkang dari The Boyz pada 23 Oktober 2019.

Keputusan itu diambil karena permasalahan kesehatan. Awalnya, Hwall absen dari aktivitas grup akibat kondisi kesehatan serta rasa sakit di pergelangan kaki. Akhirnya ia dengan dukungan keluarga mengambil keputusan untuk keluar setelah berdiskusi secara mendalam.

Tak lama setelah Hwall, idol muda lain yakni Woojin keluar dari Stray Kids. Pada 28 Oktober, JYP Entertainment secara mengejutkan mengumumkan pemutusan kontrak eksklusif Woojin dari Stray Kids karena alasan pribadi.

Hal itu turut membuat Stray Kids menunda perilisan album terbaru, Clé: LEVANTER, yang tadinya dijadwalkan 25 November menjadi 9 Desember.

Agensi JYPE menyatakan Stray Kids tetap akan menggelar konser solo perdana yang bertajuk District 9: Unlock di Olympic Hall, Seoul Olympic Park pada 23-24 November.

Tepat sebelum Oktober berakhir, Wonho memperpanjang daftar idol yang keluar dari grup. Wonho memutuskan undur diri dari MONSTA X setelah diterpa isu utang dan pencurian di masa lalu sebelum debut dalam grup buatan Starship Entertainment.

Keputusan itu disampaikan melalui surat yang ditulis tangan pada Kamis (31/10). Dalam surat, ia meminta maaf kepada para member yang terimbas isu tersebut serta penggemar yang kecewa terhadap dirinya.

Starship Entertainment mengatakan akan tetap menempuh jalur hukum terhadap pemberi komentar jahat. Namun, MONSTA X disebut akan melanjutkan promosi album baru dengan enam member saja yakni Shownu, Kihyun, Minhyuk, Hyungwon, Jooheon dan I.M. (kir/rea)