Tangis BTS di Konser Final 'Love Yourself: Speak Yourself'

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 31/10/2019 10:36 WIB
Tangis BTS di Konser Final 'Love Yourself: Speak Yourself' Bangtan Boys atau BTS berjanji akan kembali dengan persembahan baru untuk penggemar di konser terakhir tur 'Love Yourself'. (dok. Big Hit Entertainment via TikTok)
Jakarta, CNN Indonesia -- Boyband BTS merampungkan tur konser Love Yourself: Speak Yourself [The Final] pada Oktober ini, setelah lebih dari satu tahun berkeliling dunia. Konser yang digelar di Olympic Stadium, Seoul pada awal pekan ini sekaligus menjadi penutup era Love Yourself bagi BTS dan juga penggemar.

Dalam konser itu, para personel BTS menyambut penonton yang hadir dan berjanji untuk menyuguhkan yang terbaik. Rasa haru pun tak bisa mereka tutupi.

"Kami akan menggunakan semua energi yang tersisa," kata BTS.



Sementara Suga melanjutkan sapaannya dengan mengenang peristiwa tahun lalu.

"Apakah kalian ingat ketika kita pertama kali bertemu tahun lalu di sini? Saya merasa seperti baru kemarin ketika saya mengatakan itu, seperti mimpi, tetapi sekarang sudah satu tahun."

RM menambahkan, "Terima kasih kepada kalian semua bahwa kami dapat melakukan konser selama setahun di banyak tempat yang berbeda."

Konser dibuka dengan lagu Dionysus dari album terbaru Map of The Soul: Persona, dan ditutup dengan Idol. BTS juga sempat membawakan empat lagu encore, seperti Anpanman dan Make It Right. Di puncak konser, para personel tampak emosional dan beberapa di antaranya menangis haru.

"Kalian benar-benar bekerja keras sambil mendukung tur kami. Bisa dibilang turnya singkat atau panjang. Kami telah melihat banyak ARMY [sebutan penggemar BTS] saat bepergian di seluruh dunia, dan saya menemukan bahwa benar-benar tidak ada yang lebih indah dari ARMY. Saya cinta kamu," ucap RM sebelum berpisah, dikutip dari Soompi.

Personel BTS terlihat tak mampu menahan emosi saat menampilkan konser terakhir dari rangkaian tur 'Love Yourself' di Olympic Stadium, Seoul. (dok. Bighit Entertainment via imdb.com)
Sedangkan J-Hope berkata, "Kami sekarang adalah seniman yang mengisi Stadion Olimpiade selama tiga hari. Saya merasa kami telah menerima banyak cinta. Ini adalah perhentian terakhir kami di tur. Saya ingat selalu merasa sedih dan enggan untuk mengakhirinya ketika kita sampai pada saat terakhir, tetapi saya pikir kali ini tak akan seperti itu. Saya sudah merasakan banyak dan belajar banyak."

Jimin pun berharap bahwa perpisahan tersebut tak membuat penggemar bersedih karena dia sendiri bersemangat untuk bisa memulai sesuatu yang baru dan disuguhkan kepada para ARMY.

"Alih-alih sedih, saya pribadi sangat penasaran dan bersemangat melihat apa yang akan kami lakukan dan bagaimana kami bersenang-senang di konser kami berikutnya. Karena itu, kami akan menyiapkannya dengan cepat," tambahnya.

Jin, member tertua BTS, mengatakan bahwa album terbaru diharapkan akan edar tidak lama lagi.

Tidak hanya para personel BTS, para penggemar pun berterima kasih kepada BTS dan merayakan momen-momen dari pertunjukan saat mereka mengambil alih lima teratas 'trending topic' di seluruh dunia di Twitter. Di antaranya lewat tagar #SpeakYourselfTheFinal_D3, #BTSourUniverse, #LoveYourselfForever, #ThankYouForLY_SYTour, serta #ThankYouBTS.




Tangis BTS di Konser Final 'BTS tercatat meraih banyak pencapaian dari rangkaian tur 'Love Yourself: Speak Yourself'. (Foto: Rich Fury/Getty Images for The Recording Academy/AFP)
Selama menjalani rangkaian tur konser, BTS mengadakan 42 pertunjukan di 26 kota berbeda. Konser ini berhasil mengumpulkan 2 juta lebih ARMY dari seluruh dunia, termasuk 132,000 orang yang menonton konser final di Seoul.

Tur Love Yourself: Speak Yourself mencatatkan sejumlah pencapaian. Di antaranya, sebagai artis non-Arab pertama yang menyelenggarakan konser di King Fahd International Stadium, Arab Saudi, serta sebagai artis Korea pertama yang tampil di Citi Field Stadium, New York dan Wembley Stadium di London.
Citi Field Stadium dan Wembley Stadium adalah dua stadion yang kerap digunakan konser oleh para megabintang seperti Béyonce dan Coldplay.

Konser Love Yourself: Speak Yourself menjadi salah satu yang paling sukses tahun ini. Diestimasi, BTS meraup keuntungan sekitar US$171.3 juta  dari penjualan tiket dan merchandise, hanya dari konser ekstensi selama 6 bulan.
(agn/rea)