Ceria Glenn Fredly soal Ambon jadi Kota Musik ala Unesco

CNN Indonesia | Jumat, 01/11/2019 20:50 WIB
Ceria Glenn Fredly soal Ambon jadi Kota Musik ala Unesco Penyanyi Glenn Fredly menyampaikan kegembiraan atas penetapan Ambon sebagai Kota Musik pertama di Asia Tenggara (Foto: CNN Indonesia/ Agniya Khoiri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyanyi Glenn Fredly menyampaikan kegembiraan atas penetapan Ambon sebagai Kota Musik pertama di Asia Tenggara dalam gelaran Festival Sewindu Tulus di Jakarta.

Glenn sendiri hadir sebagai salah satu bintang tamu kejutan dalam gelaran sekaligus rangkaian tur penutup Tulus yang diadakan di Istora Senayan Jakarta, Jumat (1/11).

"Senang sekali saya bisa berada di tengah teman-teman semua. Dan yang paling luar biasa saya bangga bisa berada di sewindunya Tulus bersama teman-teman musisi lain," ucap Glenn usai membawakan lagu Terpesona dan Kau.


Lebih lanjut, ia pun menyatakan kebahagiaannya soal penetapan Kota Ambon sebagai kota musik pertama di Asia Tenggara oleh Unesco.

"Badan internasional dari Unesco menetapkan Ambon sebagai kota musik pertama di Asia Tenggara. Ini adalah kerja kolektif bentuk cinta terhadap Indonesia," katanya.

Diketahui, Unesco menobatkan Ambon sebagai kota musik di Asia Tenggara pada Kamis (31/10) bertepatan dengan Hari Kota Sedunia. Berdasarkan laman situs Unesco, Ambon menjadi satu dari 66 kota lain ditunjuk bergabung dalam Organisasi Jaringan Kota Kreatif yang saat ini berjumlah 246 anggota.


Dalam daftar tersebut, terdapat 15 kota yang juga ditetapkan sebagai Kota Musik Dunia oleh Unesco di antaranya Havana, Kuba, Turki, Palestina, dan Rusia.

Penyanyi berusia 44 tahun ini kemudian merayakan kegembiraan itu dengan menyanyikan lagu Rame Rame. Selain membagikan kabar tersebut, Glenn pun memberi isyarat bahwa tahun depan ia akan menggelar konser perayaan 25 tahun berkarier di industri musik.

"Tahun depan saya 25 tahun berkarya, tidak ada konser di Jakarta tapi saya akan ajak melihat Indonesia Timur," ungkap Glenn tanpa memberi tahu lebih lanjut kota yang menjadi tujuan perayaan tersebut.

Usai tampil selama 30 menit, Glenn menutup aksinya dengan membawakan lagu hit Kasih Putih.


Sebelum Glenn, sejumlah musisi kenamaan ikut meramaikan Festival Sewindu Tulus. Di antaranya terdapat Kunto Aji yang muncul sebagai pembuka, kemudian Andien, RAN, dan setelah Glenn ada Project Pop yang menghibur. Baru setelah itu, sang bintang utama, Tulus naik ke atas pentas.

Festival Sewindu Tulus sendiri merupakan bentuk perayaan delapan tahun dari perjalanan karier penyanyi kelahiran Bukittinggi tersebut, sekaligus menjadi penutup rangkaian Tur dan Festival Sewindu yang dilaksanakan sejak 24 September di lima kota berbeda.

[Gambas:Video CNN] (agn/asa)