Kontrak Eksklusif X1 Kena Impak Kisruh 'Produce X 101'

CNN Indonesia | Jumat, 08/11/2019 10:09 WIB
Kontrak Eksklusif X1 Kena Impak Kisruh 'Produce X 101' Kekisruhan skandal manipulasi suara acara 'Produce X 101' telah berimbas pada nasib kontrak eksklusif boyband X1 yang lahir dari acara itu. (dok. TvN)
Jakarta, CNN Indonesia -- Boyband X1 menunda penandatanganan kontrak eksklusif bersama CJ ENM. Hal itu disebabkan polemik manipulasi perhitungan suara yang diduga melibatkan sejumlah petinggi CJ ENM, 'Produce X 101' hingga petinggi sejumlah agensi hiburan.

"Polisi sedang menyelidiki hal tersebut, sejumlah kesepakatan endorse juga dibatalkan, belum lagi kesulitan untuk tampil di televisi. Sehingga anggota X1 sepakat untuk menunggu dan menantikan hasil investigasi sebelum tanda tangan kontrak," kata salah satu sumber seperti dilansir Allkpop.

Sumber tersebut menyatakan kondisi ini sebelumnya juga dirasakan IZ*ONE yang tidak menandatangani kontrak selama enam bulan sejak terbentuk dan memulai promosi.


X1 merupakan boyband yang lahir dari Produce musim keempat, Produce X 101. Namun, Direktur Produksi CJ ENM PD Ahn Joon-young, berdasarkan keterangan polisi, mengaku telah memanipulasi perhitungan suara dalam acara pencarian bakat tersebut.

Tak hanya itu, PD Ahn Joon-young juga mengaku telah menerima ragam suap dalam bentuk jasa di pusat hiburan dewasa kawasan Gangnam, dengan imbalan trainee dari sejumlah agensi bisa debut dalam X1, grup pemenang Produce X 101.

Sebelumnya, Mnet menjanjikan grup pemenang Produce X 101 akan mendapat kontrak eksklusif lima tahun. Hal itu berbeda dari musim-musim sebelumnya yang memberikan kontrak eksklusif sekitar satu hingga dua tahun kepada grup pemenang.

X1 telah debut sejak Agustus. CJ ENM disebut telah membahas kontrak para member dalam sejumlah kesempatan namun belum pernah ditegaskan secara keseluruhan.

"Anggota label X1 sekarang tak hanya khawatir soal kontrak lima tahun, tapi juga nasib setelah lima tahun. Perdebatan juga terjadi apa para member harus bertahan di X1. Beberapa dari mereka telah diserang komentar jahat," tutur sumber.

Produce merupakan ajang pencarian bakat yang dinilai paling sukses dalam beberapa tahun terakhir. Acara ini menjadi batu loncatan bagi para trainee untuk menjadi bintang K-pop. Acara tersebut telah melahirkan I.O.I, WANNA ONE, IZ*ONE dan X1. (chri/end)