'Perempuan Tanah Jahanam' Batal Tayang di Bioskop Tua Jakarta

ANTARA, CNN Indonesia | Jumat, 08/11/2019 03:32 WIB
'Perempuan Tanah Jahanam' Batal Tayang di Bioskop Tua Jakarta Film Perempuan Tanah Jahanam. (dok. Rapi Films/Base Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia -- Upaya sang sutradara, Joko Anwar, menggelar nonton bareng (nobar) film Perempuan Tanah Jahanam di bioskop tua di Jakarta pada Kamis (7/11) malam, gagal. Joko mengatakan pihak Grand Theater di Senen, Jakarta Pusat, yang jadi lokasi pemutaran film genre horor itu membatalkan izin sejak pagi.

Acara nobar seharusnya digelar pada pukul 19.00 WIB. Joko sempat mengunggah 'undangan' nobar gratis melalui akun media sosialnya pada beberapa hari lalu sambil mengumbar foto-foto 'jadul' dan penampakan kondisi rusak studio Grand Theater.

Joko mengatakan semua peralatan nobar sudah dikeluarkan oleh pengurus bioskop Grand Theater.


[Gambas:Instagram]

"Jadi ternyata, kami sudah mengurus izin dari orang yang mengaku dari tempat Grand (Theater) Senen. Izin sudah diberikan, tapi ternyata izin tersebut dibatalkan. Kami enggak tahu kenapa," kata Joko Anwar saat ditemui di Antara di Jakarta, Kamis (7/11).

"Tim kami sudah survei, dibilang sudah oke. Tapi, pagi tadi dibilang dia tidak bisa berikan izin karena orang yang pimpinannya tidak berikan izin," katanya lagi.

Menurut Joko, menggelar nobar di bioskop tua merupakan gerakan untuk revitalisasi fasilitas itu. Grand Theater, kata Joko, adalah salah satu lokasi menonton yang mudah diakses sebab posisinya tidak seperti gedung bioskop kebanyakan yang berada di dalam mal.

Joko bilang gedung bioskop yang terbengkalai sebagian besar lokasinya strategis dan gampang dijangkau banyak orang.

[Gambas:Instagram]

"Letaknya di sisi jalan tidak masuk ke gedung lain. Tidak masuk ke mal. Jika itu bisa diakses dengan gampang, bisa berfungsi kembali, tentunya minat penonton untuk ke bioskop juga akan lebih gampang tersalurkan," ujar Joko.

Perempuan Tanah Jahanam telah resmi dirilis di Indonesia pada 17 Oktober. Ini merupakan film horor kedua garapan Joko setelah Pengabdi Setan (2017).

Saat ini Joko juga sedang mempromosikan film barunya, Ratu Ilmu Hitam, yang sudah tayang di bioskop sejak 7 November. Proyek ini merupakan produksi ulang film dengan judul yang sama versi 1981. (fea)