Fotografer Sampul Album Legendaris The Beatles Tutup Usia

CNN Indonesia | Senin, 11/11/2019 14:47 WIB
Fotografer Sampul Album Legendaris The Beatles Tutup Usia Ilustrasi The Beatles. (AFP Photo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Fotografer di balik sampul sejumlah album legendaris The Beatles, Robert Freeman, meninggal dunia di usia 82 tahun.

Kabar ini tersebar setelah mantan pembetot bas The Beatles, Paul McCartney, mengunggah pernyataan belasungkawa melalui situs resminya pada akhir pekan lalu.

"Robert Freeman tersayang meninggal dunia. Dia adalah salah satu fotografer favorit kami selama masa kejayaan The Beatles yang menciptakan beberapa sampul album ikonis kami," tulis McCartney.



McCartney kemudian menceritakan beberapa kisah di balik sampul album ikonis yang digarap oleh Freeman, mulai dari With The Beatles, Beatles for Sale, Help!, hingga Rubber Soul.

Menurut McCartney, banyak orang salah kaprah dengan menganggap sampul album ikonis seperti Meet The Beatles merupakan buah pikir The Fab Four sendiri.

"Nyatanya, sampul tersebut diciptakan secara kilat oleh Robert di koridor sebuah hotel di mana kami menginap, di mana cahaya alami menembus jendela di ujung koridor. Hanya butuh waktu setengah jam untuk merampungkannya," kata McCartney.

Freeman juga bertanggung jawab atas kehadiran sampul album ikonis lainnya, Rubber Soul. McCartney bercerita bahwa awalnya, Freeman menjepret foto biasa keempat anggota The Beatles.

Saat sedang mempresentasikan foto tersebut di hadapan band asal Inggris itu, Freeman memantulkan karyanya dengan proyektor ke karton putih yang berukuran sama dengan sampul albumnya untuk menunjukkan resolusi asli.

"Ketika sesi itu berlangsung, karton yang diletakkan di meja kecil itu jatuh terbalik sehingga fotonya terlihat seperti tertarik. Bukannya mengembalikan kartonnya ke posisi semula, kami malah semangat melihat gagasan baru dari versi baru fotonya," tutur McCartney.

Fotografer Sampul Album Legendaris The Beatles Tutup UsiaSampul album Rubber Soul. (Courtesy of thebeatles.com)

Melanjutkan kisahnya, McCartney menulis, "Ia meyakinkan kami bahwa foto itu mungkin digunakan dan karena albumnya bertajuk Rubber Soul, kami merasa foto itu sangat cocok."

McCartney kemudian menutup pernyataannya, "Saya akan merindukan pria hebat ini, tapi akan selalu mengenang memori indah tentangnya. Terima kasih, Bob. Salam cinta, Paul."

Sebagaimana dilansir NME, Freeman masih aktif menjadi fotografer meski The Beatles sudah bubar sejak 1970.

Tak hanya keempat album tersebut, Freeman juga berpartisipasi dalam penggarapan dua film The Beatles, yaitu Help! dan A Hard Day's Night.

[Gambas:Video CNN]

Sepanjang kariernya, Freeman juga menjadi fotografer andalan musisi lainnya, seperti John Coltrane. Ia juga sempat mengabadikan momen-momen berharga dari sejumlah tokoh politik, termasuk Nikita Kruschev.

Hingga akhirnya, Freeman mengalami stroke berat pada 2014. Keluarganya lantas menjual salah satu kopi potret gitaris The Beatles, John Lennon, untuk biaya perawatan.

Dana yang terhimpun juga digunakan untuk mengarsipkan semua foto hasil jepretan Freeman agar tak lekang oleh waktu. (has/has)