Tolak Seksisme, Este 'Haim' Muak dengan Meme Wajah Bass

CNN Indonesia | Selasa, 12/11/2019 03:13 WIB
Tolak Seksisme, Este 'Haim' Muak dengan Meme Wajah Bass Personel Haim, Este, mengaku muak dengan tercermin dalam meme-meme wajahnya di jagad maya. (AFP Photo/Leon Neal)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lebih dari satu dekade berkarya, band trio kakak beradik asal Amerika Serikat, Haim, mengaku masih terus dibayangi seksisme. Salah satu personel Haim, Este, mengatakan bahwa hal tersebut tercermin dalam meme wajahnya yang tersebar di berbagai jejaring sosial.

Este menumpahkan emosinya saat berbincang dengan NME mengenai berbagai meme di jagad maya yang mengejek wajahnya kala sedang membetot bass.

Dengan nada sarkasme, Este berkata, "Seperti, 'Saya suka kamu tak peduli terlihat seperti apa ketika bermain. Saya suka kamu tak peduli wajahmu ketika bermain. Saya suka itu. Terima kasih banyak, Tuhan. Persetan dengan kalian!"

Menurut Este, meme-meme tersebut merupakan bentuk seksisme karena warganet tidak akan melakukan hal serupa jika musisi pria terlihat aneh ketika memainkan instrumen musik.


"Mereka tidak akan mengatakan itu kepada laki-laki yang benar-benar meresapi musik ketika bermain. Seperti, 'Kamu terlihat aneh ketika bermain.' Kalian tidak akan mengatakan itu kepada John Mayer ketika ia terlihat 'bleugh' saat bermain," katanya.

Tak hanya itu, Este juga terganggu dengan pertanyaan yang kerap dilontarkan orang kepada Haim, seperti mengenai menjadi ibu dan memiliki anak.

"Orang selalu bertanya kepada kami kapan kami akan punya anak dan berkeluarga. Bagi pria justru sebaliknya, seperti, 'Jangan buru-buru berkeluarga. Hiduplah di jalan dengan banyak perempuan.' Saat berbicara dengan kami, 'Kalian sudah 33 tahun. Kapan kalian punya anak? Tik tok, tik tok," ucap Este.
Tolak Seksisme, Este 'Haim' Muak dengan Meme Wajah BassLebih dari satu dekade berkarya, Haim masih dibayangi seksime. (Amy Sussman/Getty Images/AFP)
Gitaris Haim, Alana, juga mengamini pernyataan Este. Ia mengaku muak karena selama ini tak ada yang berani bersuara mengenai seksisme di dunia musik.

"Sejak lama, saya takut berbicara karena orang pasti akan, 'Ayolah, tahan sedikit. Semua baik-baik saja.' Namun sekarang, lega rasanya karena saat saya berkata, 'Ini semua menyebalkan,' akan banyak perempuan di dunia musik berkata, 'Ya, itu juga terjadi pada saya,'" tutur Alana.

Melanjutkan pernyataannya, Alana berkata, "Mendengar kalimat seperti, 'Itu menyebalkan dan itu juga terjadi pada saya,' membuat saya merasa tidak sendirian."

Haim sendiri baru saja merilis dua lagu dari album ketiga mereka, yaitu Summer Girl dan Now I'm in It yang menggambarkan perjuangan gitaris mereka, Danielle, bertahan di tengah depresi.

[Gambas:Youtube] (has/has)