Alice Merton, Musisi Jerman Sang Pelatih Claudia Santoso

CNN Indonesia | Senin, 11/11/2019 19:17 WIB
Alice Merton, Musisi Jerman Sang Pelatih Claudia Santoso Nama Alice Merton menarik perhatian masyarakat Indonesia pasca Claudia Emmanuela Santoso menang di ajang pencarian bakat The Voice of Germany 2019. (AXEL SCHMIDT / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nama Alice Merton menarik perhatian masyarakat Indonesia pasca Claudia Emmanuela Santoso menang di ajang pencarian bakat The Voice of Germany 2019. Alice merupakan pelatih dari penyanyi asal Cirebon tersebut.

Alice Merton merupakan musisi berdarah campuran Jerman dan Inggris. Sejak kecil, Merton selalu berpindah-pindah tempat tinggal seperti dari Kanada, Amerika Serikat, Inggris dan Jerman karena sang ayah bekerja sebagai konsultan pertambangan.

Ketika tinggal di Kanada, Merton mulai belajar piano klasik dan bernyanyi. Kemampuan bermusiknya semakin terlihat ketika pindah ke Jerman dan mulai menulis lagu pertamanya.


Keseriusan untuk berkarier sebagai musisi ditunjukkan Merton dengan mengambil gelar sarjana dalam pembuatan lagu di Popakademie Baden-Württemberg di Jerman.

Nama Merton sebagai musisi mulai dikenal sejak memenangkan pendatang terbaru terbaik di kategori Acoustic Pop dalam acara penghargaan tahunan Hamburg pada 2016 melalui lagu 'No Roots'.

Lagu yang menceritakan tentang tiada tempat seperti rumah itu langsung masuk Global Viral 50 Spotify. Tak hanya itu, melalui lagu tersebut, Alice Merton meraih tujuh Platinum Awards di Jerman, Prancis, Italia, Polandia, Swiss, Austria dan Turki.

No Roots juga membawa Alice memenangkan Echo Award, EBBA, dan dua penghargaan pop culture. Lagu ini juga sempat berada di puncak tangga lagu Billboard Alternative Song Amerika Serikat.

Musisi kelahiran 1993 tersebut pernah menyatakan musiknya banyak dipengaruhi musisi 1980-an seperti Michael Jackson, Duran Duran dan Queen.

Merton pun akhirnya mulai menjadi salah satu pelatih dalam The Voice of Germany pada 2019.

Sepanjang karier, Alice Merton sudah menelurkan album Mint pada Januari 2019, mini album No Roots pada 2018, dan sejumlah single seperti Hit the Ground, Lash Out, Why So Serious, Funny Business, Learn to Live dan Easy.

(chri/end)