Para Pemenang Pencarian Bakat yang Kalah Populer

CNN Indonesia | Minggu, 17/11/2019 17:42 WIB
Para Pemenang Pencarian Bakat yang Kalah Populer Pemenang Indonesian Idol tahun 2008, Aris Runtuwene. (Screenshot via Instagram/@aris_officiall))
Jakarta, CNN Indonesia -- Memenangkan ajang pencarian bakat tak kemudian menjadi jaminan dapat terus bertahan di industri hiburan. Hal itu terjadi pada para pemenang ajang pencarian bakat di Indonesia seperti Indonesian Idol, AFI, serta The Voice.

Berikut mereka yang menjadi juara tapi tak lagi terdengar gaungnya.

Indonesian Idol


Joy Tobing berhasil keluar sebagai juara pada ajang Indonesian Idol yang diselenggarakan pertama kali pada 2004. Sebagai juara, Joy dibuatkan satu buah album bertajuk 'Terima Kasih' dan setelah itu hampir setiap tahun dia mengeluarkan karya.

Namun perjalanan karya musik Joy tak lagi terdengar. Ia terakhir tercatat merilis album yakni 'Faithful' pada 2008.

Para Pemenang Pencarian Bakat yang Kalah PopulerJoy Tobing, pemenang Indonesian Idol 2004. (Foto: CNN Indonesia/M Andika Putra)
Nasib serupa terjadi pada pemenang Indonesian Idol pada 2008, Aris Runtuwene. Usai meraih gelar juara, Aris hanya mengeluarkan satu buah album, setelah itu tak lagi terdengar merilis karya.

Kabar terakhir dari dirinya justru karena masalah hukum. Pada 2017, ia dikabarkan menghilang hingga sang istri melapor kepada polisi dan pada awal 2019 ia ditangkap karena dugaan kasus narkoba.

Selain Aris, ada pula Igo Pentury yang menjadi juara pada 2010 dan Nowela Elizabeth sebagai juara pada 2014 juga hanya merilis satu album.

Yang terbaru ada, Maria Simorangkir, juara pada 2018 dan belum memiliki album solo. Maria bahkan bisa dikatakan kalah cepat dari Marion Jola yang hanya keluar sebagai finalis, tapi telah merilis album dan memenangkan sejumlah piala di ajang Anugerah Musik Indonesia.

Akademi Fantasi Indosiar

Tak jauh berbeda dengan nasib di para pemenang Indonesian Idol, para pemenang AFI juga tak sedikit yang kemudian gagal bertahan di industri musik. Sebut saja Veri Affandi, juara pada 2003 tapi hingga kini tak kelihatan betul jejaknya di kancah musik Indonesia.

Sepanjang karier usai AFI dia tercatat hanya memiliki dua lagu berjudul 'Selamanya' dan 'Selayang Pandang.' Setelah itu, dia dilaporkan hanya aktif sebagai penyanyi off air.

Nasib pemenang AFI berikutnya pun bisa dikatakan hampir sama. Theodora Meilani Setyawati sebagai juara AFI 2, kemudian Putu Sutha Natawijaya sebagai juara AFI 3, kemudian Ade Alfonso AFI 4 atau AFI 2005, serta AFI 5 atau AFI 2006 Tri Widi Nugroho pun hingga kini tak terdengar lagi nama dan kiprahnya.

The Voice

Ajang pencarian bakat The Voice terbilang baru di Indonesia. Ajang ini digelar pertama kali pada 2013 dan kini masih berlangsung di musim keempat.

Sejauh ini, ajang tersebut telah menghasilkan juara-juara seperti Billy Simpson pada musim pertama, kemudian Mario G. Klau pada musim kedua, dan Ronaldo Longa pada musim ketiga.

Dari keseluruhan pemenang itu, hanya Billy Simpson yang terlihat berupaya bertahan di kancah musik Indonesia. Billy tercatat memiliki dua album studio dan lebih dari 10 lagu single yang dirilis secara konsisten hampir setiap tahun. (agn/end)