FOTO: Belajar Lewat Mural Sarat Edukasi di Pademangan Timur

Andry Novelino, CNN Indonesia | Selasa, 19/11/2019 01:14 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Sekelompok pemuda setempat mengubah dinding-dinding yang kotor dan membosankan di Pademangan Timur, Jakarta, menjadi mural penuh edukasi yang berwarna-warni.

Dinding-dinding di gang-gang dihiasi mural di Pademangan Timur, Jakarta, Senin (18/11/2019). (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Mural dibuat oleh warga setempat untuk memberi edukasi kepada anak-anak usia sekolah yang tinggal di kawasan itu. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Salah satunya, mengingatkan untuk membuang sampah di tempatnya. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Tembok-tembok di Pademangan Timur dipenuhi oleh gambar-gambar binatang yang mudah diingat oleh anak-anak. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Tadinya, dinding di sana hanya berwarna abu polos, dengan dipenuhi coretan vandalisme. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Penuh warna dan motif, dinding-dinding itu menarik perhatian publik yang lantas kerap berhenti untuk mengambil foto. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Sekelompok pemuda asli Pademangan Timur berinisiatif mengubah dinding-dinding yang tadinya kotor menjadi seni sarat pesan pendidikan. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Dinding itu kini dihiasi oleh gambar tokoh nasional, hitungan matematika, peta Indonesia, hingga pesan sosial. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Ide ini membuat anak-anak bisa membaca lukisan tersebut sambil tetap bermain. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Dinding tembok di gang-gang dihiasi mural di Pademangan Timur, Jakarta, Senin (18/11/2019). CNN Indonesia/Andry Novelino
Kegiatan itu disebut telah diketahui oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Meski terlihat sepele, bukan tak mungkin mural itu juga jadi pengingat bagi orang dewasa. (CNN Indonesia/Andry Novelino)