Susul Grrrl Gang, Reality Club Akan Manggung di SXSW 2020

Tim, CNN Indonesia | Senin, 18/11/2019 18:41 WIB
Susul Grrrl Gang, Reality Club Akan Manggung di SXSW 2020 Reality Club menyusul jejak Grrrl Gang sebagai band yang akan tampil di SXSW 2020. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Band Reality Club akan tampil di festival musik South By South West (SXSW) 2020, Austin, Texas, Amerika Serikat. Kabar itu diketahui lewat pengumuman penampil di situs resmi SXSW 2020.

"Reality Club memasukkan pesan yang kuat dan emosional dalam karya yang disampaikan lewat suara dan lirik," penjelasan karya Reality Club pada situs SXSW.

Band asal Jakarta ini juga menyampaikan kabar tersebut melalui unggahan di akun Instagram. Mereka mengungkapkan rasa tidak sabar untuk terbang ke Amerika Serikat.


[Gambas:Instagram]

Reality Club dibentuk di medio 2016 oleh Fathia Izzati (vokal), Era Patigo (drum) dan Mayo (bas). Formasi itu dirasa kurang lengkap sehingga Fathia mengajak kakaknya, Faiz Novascotia Saripudin (gitar/ vokal) dan pacarnya, Iqbal Anggakusumah (gitar).

Sejak itu mereka sepakat membentuk band bernama Reality Club. Sayang, Mayo keluar setelah enam bulan terbentuk karena kesibukan pribadi. Selain tergabung dalam band lain, Mayo juga berprofesi sebagai pengacara.

Reality Club tidak berhenti berkarya, pun mereka masih tetap manggung. Sampai akhirnya, mereka mengajak Nugi Wicaksono untuk menggantikan Mayo. Terkadang Nugi juga berperan sebagai pengisi suara latar.

Perlahan tapi pasti, Reality Club merilis lima single pada waktu yang berbeda-beda. Lima single itu adalah 'The Things I Don't Know', 'Fatal Attraction', 'Is It the Answer?', 'Okay' dan 'Elastic Heart'.

Dari lima single tersebut, mereka menawarkan tema yang sederhana dan nyaman untuk didengarkan. Band-band seperti The Strokes, Last Dinosaurs dan Arctic Monkey adalah inspirasi Reality Club dalam bermusik.
Reality Club dalam penampilan di Music at Newsroom, CNNIndonesia.com. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Sejak awal terbentuk mereka tidak pernah memikirkan genre, namun bermuara di indie pop. Kemudian pada akhir 2017 mereka merilis album perdana bertajuk 'Never Get Better' yang mendapat respons positif.

Karya itu mengantarkan mereka menorehkan prestasi dengan masuk dua nominasi Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2018. Reality Club masuk nominasi Pendatang Baru Terbaik Terbaik dan Karya Produksi Alternatif Terbaik lewat lagu 'Is It The Answer?'.

Pada album kedua yang bertajuk 'What Do You Really Know?', Reality Club seperti mengubah genre yang mereka usung sebelumnya. Musik mereka terdengar lebih keras dari sebelumnya sehingga tergolong indie rock.

Reality Club menjadi band asal Indonesia kedua yang akan tampil di SXSW 2020. Sebelumnya Grrrl Gang juga dijadwalkan tampil di festival musik bergengsi ini.

[Gambas:Video CNN]
(adp/rea)