Elton John Sempat Belajar Berjalan Lagi Usai Operasi Kanker

CNN Indonesia | Rabu, 20/11/2019 22:43 WIB
Elton John Sempat Belajar Berjalan Lagi Usai Operasi Kanker Musisi Elton John mengaku sempat harus belajar berjalan lagi setelah mengalami infeksi serius usai operasi kanker prostat pada 2017 lalu. (Lewis Joly/Pool/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Musisi penyandang gelar kehormatan Kerajaan Inggris, Elton John, mengaku sempat harus belajar berjalan lagi setelah mengalami infeksi serius usai operasi kanker prostat pada 2017 lalu.

"Saya benar-benar harus belajar berjalan lagi. Saya sangat sakit," ujar John kepada Graham Norton dalam program khusus BBC, Elton John: Uncensored.

John bercerita bahwa sebenarnya operasi tersebut berjalan lancar. Namun, ia harus langsung mengisi jadwal tampil di Las Vegas. John pun mengenakan popok dewasa selama pentas.

"Saya sedang di atas panggung di Vegas dan sangat kesakitan. Cairan sudah memenuhi usus besar saya. Saya tetap tampil memakai popok setelah operasi. Saya pikir, 'Seandainya mereka tahu bahwa saya mengencingi diri sendiri,'" tutur John.


Ia pun dilarikan ke Inggris dan masuk ruang perawatan khusus. Berkelakar, John mengaku merasa seperti "Perempuan Bionik" karena kini ia sudah tidak punya amandel, usus besar, dan usus buntu.

"Saya benar-benar harus belajar untuk berjalan lagi. Saya sangat sakit. Yang saya pikirkan ketika berbaring di rumah sakit adalah, 'Tolong jangan biarkan saya meninggal. Saya ingin melihat anak-anak saya,'" ucap John seperti dikutip NME.

Ketika ditanya alasan lebih memilih operasi ketimbang kemoterapi, John mengatakan bahwa ia tak mau jadwal perawatan mengganggu agenda tampil.

[Gambas:Video CNN]

John mengungkap masalah ini setelah ia merilis otobiografi terbaru berjudul "Me" beberapa waktu lalu. Dalam buku itu, ia membahas berbagai pengalaman hidup, termasuk ketika kecanduan alkohol dan narkoba.

Di masa-masa tersebut, John mengaku pernah membajak panggung The Rolling Stones di Colorado ketika sedang mabuk kokain.

Buku ini juga membahas ketakutannya saat tampil untuk pertama kalinya setelah keluar dari rehabilitasi pada medio 1990-an. (adp/has)