Lil Nas X, dari Balik Internet ke Panggung Grammy Awards

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 22/11/2019 11:44 WIB
Lil Nas X, dari Balik Internet ke Panggung Grammy Awards Lil Nas X sampai di Grammy Awards 2020 dengan satu lagu yang menghebohkan dunia internet, 'Old Town Road'. (Noam Galai/Getty Images for BuzzFeed/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Montero Lamar Hill, atau lebih dikenal dengan nama panggung Lil Nas X adalah seorang rapper Amerika, penyanyi, dan penulis lagu. Pada 2019, lagu 'Old Town Road' meraih sukses besar dan diperdengarkan di seluruh sudut, mengantar Lil Nas X sebagai salah satu nominasi Grammy Awards 2020.

Montero lahir pada 1999. Karena perceraian orang tua, ia sempat tinggal bersama nenek dan ibunya, sebelum memutuskan pindah untuk tinggal bersama sang ayah. Di usia sekolah, ia belajar memainkan trompet, hasrat yang saat itu belum konsisten karena tersaingi oleh kesukaannya menenggelamkan diri di internet. 

Montero tahu internet bisa melakukan hampir segala hal, namun ia belum tahu pasti apa yang diinginkan. Ia memulai dengan membuat video-video komedi di Facebook, kemudian berpindah ke Instagram, sebelum melompat ke Twitter, aplikasi yang membuatnya lebih tenar lagi, meski bukan sebagai Lil Nas X.
Karier profesionalnya bermula ketika Montero berdiam di lemari di kamarnya, menulis lagu-lagu dan merekamnya. Saat itulah ia memutuskan memakai nama Lil Nas X, dimaksudkan sebagai penghormatan terhadap rapper Nas asal New York. Pada akhir Oktober 2018, ia berkutat dengan proyek yang kelak dikenal sebagai 'Old Town Road'. 


Waktu itu, secara anonim ia membeli beat Old Town Road seharga US$30 dari produser bernama YoungKio. Lagu itu memuat sample lagu Nine Inch Nails, '34 Ghosts IV' dari album 'Ghosts I-IV'. Ia melakukan rekaman dengan biaya seminimal mungkin, menyewa studio yang menyediakan program dengan tarif khusus di hari tertentu, sebesar US$20 atau sekitar Rp281 ribu. 
Lil Nas XLil Nas X meraih sukses dengan sangat cepat. Ia pun serta sebagai nominasi Grammy Awards 2020. (Roy Rochlin/Getty Images for MTV/AFP)
Menggunakan keahlian berinternet, Lil Nas lantas membuat sebuah meme yang dengan cepat jadi populer di aplikasi Tik Tok. Ia mengklaim membuat ratusan meme untuk promosi, sebuah percobaan yang terbukti berhasil. Di awal 2019, Old Town Road dikenal lebih banyak orang ketika tantangan viral #Yeehaw Challenge meluas, di mana lagu itu menjadi latar suara video para peserta tantangan yang berpakaian ala penjinak kuda.

Pada Juli 2019, video-video dari #Yeehaw Challenge telah dilihat lebih dari 67 juta kali di Tik-Tok. Artinya, lagu Old Town Road kurang lebih didengar sejumlah yang sama. Di periode itu, Lil pun sedang berjuang menemukan label yang tepat.

Old Town Road akhirnya masuk ke Billboard Hot 100, memulai debut di nomor 83 sebelum melompat ke spot nomor satu, dan Lil Nas sepakat untuk bernaung di bawah Columbia Records. Segalanya mulai terlihat bersinar cerah bagi Montero, jalan sudah terbuka.

Remix Old Town Road yang menampilkan penyanyi country Billy Ray Cyrus dirilis pada 5 April 2019. Hal ini sengaja dilakukan sebagai tanggapan atas kontroversi Billboard yang menghapus Old Town Road dari tangga lagu musik country karena dianggap 'tidak memiliki cukup elemen musik country'.

Old Town Road memecahkan banyak rekor dengan menjadi single tercepat dalam sejarah RIAA yang menerima sertifikasi Diamond di AS, juga menjadi hit nomor satu terpanjang dalam sejarah Billboard Top 100 selama 19 minggu. Capaian itu bahkan mengalahkan lagu-lagu seperti 'Despacito' milik Luis Fonsi dan 'One Sweet Day' dari Mariah Carey dan Boyz II Men.

[Gambas:Youtube]

Lil Nas akhirnya merilis debut bertajuk '7' pada 21 Juni, mini album yang langsung menduduki posisi 2 di Billboard 200. Ia mengiringi perilisan itu dengan pengakuan lewat Twitter tentang orientasi seksual, berkata ia sadar betul beberapa orang telah mengetahuinya, sementara yang lain akan memilih tak peduli. Namun yang terpenting baginya, ia ingin semua orang mendengarkan 7 yang menjagokan 'Panini' dan 'C7osure'.

Lil Nas X adalah salah satu nominasi di Grammy Awards 2020. Ia menjadi nomine di enam kategori, yakni Album of the Year, Record of the Year, Best New Artist, Pop Duo/Group Performance, Best Rap/Sung Performance, dan Best Music Video.

(daf/rea)