Goo Ha-ra, dari KARA hingga Korban Rundung Warganet

CNN Indonesia | Minggu, 24/11/2019 19:03 WIB
Artis Korea, Goo Ha-ra ditemukan meninggal di rumahanya. Polisi saat ini tengah menginvestigasi penyebab kematian mantan anggota girlband KARA ini. Artis Korea Selatan, Goo Ha-ra ditemukan meninggal di rumahnya. (Screenshot via Instagram/@koohara__)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kabar dukacita kembali datang dari dunia hiburan Korea Selatan. Penyanyi sekaligus aktris Goo Ha-ra ditemukan meninggal di kediamannya, Minggu (24/11) petang.

Goo Ha-ra mulai dikenal ketika debut dalam KARA bersama Park Gyu-ri, Han Seung-yeon, dan Heo Young-ji. Sebelum debut, ia memulai karier sebagai model pusat perbelanjaan online.

Ha-ra juga pernah berpartisipasi dalam turnamen SM Entertainment pada 2005. Dua tahun setelahnya, ia mencoba mengikuti audisi JYP Entertainment namun gagal menjadi trainee di agensi tersebut.


Ha-ra akhirnya memulai debut sebagai seorang idol pada 2008 karena Kim Sung-hee keluar dari girlband KARA.

Saat masih aktif, KARA dikenal sebagai salah satu girlband Korea yang menawarkan konsep girly nan menggemaskan dan mempopulerkan sejumlah lagu seperti Mr., STEP, Lupin, dan Jumping.

Selain aktif dalam KARA, Goo Ha-ra juga memulai debut sebagai aktris pada 2011 lewat drama City Hunter. Ia juga sempat menjadi anggota acara reality show 'Invincible Youth'.


Karier Ha-ra pun semakin menanjak. Ia mulai menjadi pembawa acara musik televisi, Inkigayo, menjadi pengisi orisinal soundtrack drama Jepang, serta menjadi duta donasi darah untuk Hanmaum Blood Bank.

Pada 2014, Goo Ha-ra juga akhirnya memiliki reality show sendiri bertajuk On & Off. Ia juga debut menjadi solo artis lewat mini album Alohara pada Juli 2015.

Namun, pada awal 2016, Goo Ha-ra memutuskan keluar dari DSP Media, agensi yang menaunginya selama lebih dari delapan tahun. Hal serupa dilakukan member lainnya yang berujung pembubaran grup KARA.

Selama berkarier, tak banyak informasi yang diungkap Goo Ha-ra pada publik. Ia pun dikenal sebagai orang yang ceria dan bersahabat dengan Sulli mantan f(x) serta G-Dragon BIGBANG.

Goo Ha-ra, dari KARA hingga Korban Rundung WarganetHa-ra akhirnya memulai debut sebagai seorang idol pada 2008 karena Kim Sung-hee keluar dari girlband KARA. (Screenshot via Instagram/@koohara__)


Hingga pada 2018, Ha-ra berurusan dengan hukum karena mantan kekasihnya, Choi Jong-bum, mengancam menyebarkan video panas mereka.

Pada Juli 2018, Jaksa Pengadilan Sentral Distrik Seoul menuntut Choi Jong-bum hukuman tiga tahun penjara akibat penyerangan fisik dan intimidasi.

Tak lama setelah itu, nama Ha-ra kembali menjadi perbincangan hangat karena mencoba bunuh diri pada Mei 2019. Penyanyi sekaligus aktris kelahiran 1991 tersebut diduga depresi sehingga mencoba bunuh diri.

Upaya tersebut gagal berkat manajer yang menemukan Ha-ra dalam kondisi tak sadarkan diri dan langsung membawanya ke rumah sakit terdekat. Sang manajer datang ke rumah Ha-ra karena khawatir sang artis tak kunjung menjawab teleponnya.


Kala itu, Manajer mengatakan, Goo Hara cukup lama menderita depresi. "Kami telah mengetahui hal itu dan berusaha lebih memperhatikannya. Itu kenapa saat ia tak bisa dihubungi, saya langsung memeriksanya. Dan saya menemukannya pingsan di lantai," katanya.

Dalam ragam kesempatan, Ha-ra sering mencurahkan perasaannya tentang komentar jahat warganet kepadanya. Salah satunya ketika ia mengaku melakukan operasi kelopak mata.

"Secara mental saya terluka oleh komentar jahat yang saya terima ketika dipromosikan dari usia muda. Ada alasan untuk mendapatkan operasi blepharotosis (kelopak mata) meskipun usia saya masih muda," curhat Goo Ha-ra.

Ia menjelaskan operasi tersebut dilakukan karena merasa tidak nyaman dengan mata kanannya.

Sehingga, Ha-ra mengatakan tidak mengambil tindakan apapun terhadap komentar jahat tersebut. Goo Ha-ra menyatakan hanya akan bekerja keras setiap hari.

"Tidak peduli seperti apa saya, saya harap Anda akan melihat saya dengan bekerja keras dan melakukan promosi sebagai seorang yang bertanggung jawab melalui perilaku mereka," tulis Goo Hara di akun Instagramnya.

[Gambas:Video CNN] (chr/sur)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK