Dendang Enerjik dan Kejutan dari Bunglon di 90's Festival

CNN Indonesia | Minggu, 24/11/2019 19:58 WIB
Band Bunglon jadi salah satu grup musik yang meramaikan 90's Festival 2019 di Gambir Expo Kemayoran pada hari kedua. Band Bunglon tampil di 90's Festival di Gambir Expo Kemayoran. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Band Bunglon kembali menandai aksi reuni mereka lewat gelaran 90's Festival 2019 pada Minggu (24/11) di Gambir Expo Kemayoran. Sebelumnya, grup yang terbentuk pada 1998 sempat membuat reuni besar di acara yang sama empat tahun silam.

Dengan konsep yang lebih sederhana, Bunglon masih menyuguhkan lantunan hit-hit milik mereka yang membuat penonton terbuai akan nostalgia era 90-an. Namun di balik itu, mereka juga turut menyelipkan kejutan dalam penampilan kali ini.

Grup yang kini tinggal beranggotakan tiga orang, Audrey, Derry, dan Eko itu memboyong sang mantan vokalis utama, Fadia dan mantan gitarisnya, Kice sebagai kejutan penampilan mereka. Sebelum digantikan Audrey, Fadia terpaksa meninggalkan Bunglon demi menempuh pendidikan di negeri Kanguru.


"Ini jauh-jauh kita datangkan dari Australia," ucap Audrey menyambut Fadia ke atas panggung.

Dengan busana serba hitam, Fadia pun bergabung dan melantunkan lagu hit awal Bunglon yakni Dulu dan Kau. 

"Aku kangen banget berada di tengah-tengah situasi ini," kata Fadia yang kemudian curhat sedang tak dalam kondisi prima.

"Maaf ya lagi kurang fit, tapi yang penting bahagia... Jangan lupa bahagia ya," tambahnya

Selama hampir 45 menit penampilan, Bunglon juga membawakan lagu hit andalan mereka lainnya seperti Cerita Lalu, Kau, Salah, serta Denganmu. Meski penampilan Bunglon bersamaan dengan Vina Panduwinata di panggung lain, tapi keintiman yang hadir selama penampilan mereka begitu terlihat.

Sepanjang penampilan, Bunglon cukup aktif berinteraksi hingga mengajak penonton berselfie. Audrey pun begitu bersemangat, lari ke segala sisi panggung dengan enerjik saat tampil.

Sepanjang kariernya grup ini telah meluncurkan tiga buah album, Biru (1998), Emas, (2001), dan Sendiri (2004).

Pada album ketiga yaitu, Bunglon menyatakan keluar dari Label EMI untuk kemudian melanjutkan dengan memproduksi sendiri album tersebut. Pada saat itu, Audrey Papilaja, telah menjadi vokalis pengganti Fadia yang sebelumnya merupakan salah satu vokalis dari kelompok vocal bernama Mollucas.

Setelah menelurkan album ketiga pada tahun 2004, pada tahun 2005 Bunglon sempat tidak aktif secara produksi hingga pada 2009, salah satu personel Bunglon yaitu Andrey "Chiling" terkena musibah yang mengakibatkan Bunglon kehilangan seorang drumer tetapnya karena kecelakaan yang terjadi di Bandung. Semenjak kejadian tersebut, Bunglon sempat diisukan telah bubar dan tidak lagi aktif sebagai Band. Baru pada 2015, mereka kemudian bergabung kembali lewat pertunjukan reuni.

Selain Bunglon, sejumlah musisi yang dijadwalkan tampil hari ini di antaranya Vina Panduwinata, Tipe-X, Gigi, D.O.T, Fariz RM, serta penampilan musisi internasional Vertical Horizon dan Michael Learns to Rock.

The 90's Festival digelar selama dua hari sejak Sabtu (23/11) kemarin. Sejumlah penampilan musisi-musisi kenamaan seperti, Element, Potret, Naif, reuni grup Tofu hingga kolaborasi penyanyi cilik masa 90-an yang terdiri dari Ria Ernes dan Susan, Dea Ananda, Enno Lerian, Tasya Kamila, Tina Toon, dan Natasha memeriahkan acara.

Tidak hanya Indonesia, musisi internasional seperti Hanson dan Aqua pun ikut menjadi penampil utama. (agn/sur)