Agnez Mo Kembali Buka Suara soal Darah Indonesia

CNN Indonesia | Jumat, 29/11/2019 16:41 WIB
Agnez Mo Kembali Buka Suara soal Darah Indonesia Agnez Mo kembali memberikan klarifikasi terkait pernyataan 'tak berdarah Indonesia' yang ia lontarkan dalam wawancara dengan media AS beberapa waktu lalu. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyanyi Agnez Mo kembali memberikan klarifikasi terkait pernyataan "tak berdarah Indonesia" yang ia lontarkan dalam wawancara dengan media Amerika Serikat beberapa waktu lalu.

Agnez Mo menyampaikan klarifikasi ini saat berbincang dengan Deddy Corbuzier. Perbincangan itu kemudian diunggah ke kanal YouTube pesulap tersebut.

Dalam obrolan tersebut, Agnez Mo protes karena masyarakat Indonesia menganggap dia menampik kewarganegaraannya.


"Kayaknya semua orang tahu saya orang Indonesia. Bahkan orang yang di Amerika pun tahu saya orang Indonesia. Maka setiap wawancara, mereka bertanya kamu kan orang Indonesia, bagaimana di sana," kata Agnez Mo.

Dalam video berdurasi lebih dari 46 menit tersebut, mantan artis cilik ini juga menyatakan dirinya tak pernah sekali pun berusaha menutupi status dirinya sebagai warga negara Indonesia.

"Saya tidak pernah menutupi itu. Bukan hanya tidak menutupi, tapi saya selalu memilih untuk memberi tahu bahwa saya orang Indonesia," ucap Agnez Mo.

[Gambas:Youtube]

Agnez kemudian mulai membedah ulang wawancaranya beberapa waktu lalu yang kemudian menjadi polemik di media dan masyarakat Indonesia. Ia menyatakan Kevin, sang pewawancara, sudah beberapa kali berbincang dengan dirinya.

Dengan demikian, Kevin mengetahui Agnez Mo merupakan warga negara Indonesia dan langsung membahas kebudayaan Nusantara. Menurutnya, isi wawancara itu pun lebih banyak membahas kebudayaan Indonesia.

"Saya punya transkrip wawancaranya. Ini masalah personal. Ini terasa menyakitkan karena permasalahan personal. Tiap wawancara saya sebenarnya tak harus memberi tahu saya orang Indonesia. Tapi saya memilih untuk melakukannya," ucap Agnez.

"Jadi jangan cuma bedah 30 detik dari 27 menit wawancara. Kalau saya enggak bangga jadi orang Indonesia, kenapa saya selalu menceritakan Indonesia?" tutur penyanyi yang mempopulerkan lagu "Tak Ada Logika" ini.

[Gambas:Instagram]

Kisruh ini bermula ketika tersebar video wawancara Agnez Mo bersama Build. Dalam wawancara itu, Guild membahas Agnez Mo yang dianggap berbeda dengan citra kebanyakan orang di Indonesia.

"Sebenarnya saya tidak punya darah Indonesia sama sekali. Saya sebenarnya keturunan Jerman, Jepang, China, saya hanya lahir di Indonesia. Dan saya juga seorang Kristen yang mana di Indonesia mayoritasnya adalah Muslim," kata Agnez.

Tak lama setelah pernyataan tersebut menuai kontroversi, Agnez Mo kemudian memberikan klarifikasi melalui unggahan di media sosial. Ia berdalih bahwa yang dimaksud adalah keberagaman dalam hidupnya.

"Saya tumbuh dalam budaya yang beragam. Inklusi budaya adalah yang saya pilih. Bhineka Tunggal Ika berarti bersatu dalam keberagaman. Saya menyukai ketika saya bisa berbagi sesuatu tentang asal dan negara saya," ujarnya. (chri/has)