Park Bo-gum Kembali Jadi Pembawa Acara MAMA 2019

tim, CNN Indonesia | Senin, 02/12/2019 15:47 WIB
Park Bo-gum Kembali Jadi Pembawa Acara MAMA 2019 Aktor Park Bo-gum kembali dipilih menjadi pembawa Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2019 untuk ketiga kalinya pada 4 Desember nanti. (AFP PHOTO / JUNG YEON-JE)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktor Park Bo-gum kembali dipilih menjadi pembawa Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2019 yang akan digelar 4 Desember mendatang di Nagoya, Jepang.

Penunjukan Park Bo-gum tahun ini menjadi yang ketiga kalinya secara berturut-turut sebagai pembawa acara penghargaan besar industri musik Korea Selatan tersebut.

Donga via Naver melaporkan awalnya Park Bo-gum memutuskan tak datang ke MAMA 2019. Namun keputusan itu berubah menimbang keterikatan dirinya dengan ajang musik tersebut.


"Pada awalnya, saya memutuskan tak datang karena mempertimbangkan krisis Korea Selatan dan Jepang," kata Park Bo-gum merujuk tensi yang ada antara dua negara Asia Timur tersebut terkair perdagangan.

Konflik dagang itu, selain karena riwayat konflik kedua negara di masa lalu, juga dipicu keputusan Mahkamah Agung Korea Selatan pada November 2018 yang menyebut 10 buruh kerja paksa Korsel bisa menggugat ganti rugi ke sejumlah perusahaan Jepang.

Sebagai balasan, pada 1 Juli 2019, Jepang mengumumkan mereka akan memperketat ekspor bahan kimia yang esensial bagi industri semikonduktor Korea Selatan.

"Namun tidak seperti konflik politik, saya berubah pikiran untuk datang dan sepakat bahwa pertukaran budaya diperlukan," lanjut Park Bo-gum.

Sejumlah idol pendatang baru akan turut meramaikan Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2019. Mereka ialah ITZY, TXT, WayV, ATEEZ dan ONEUS.

Sebelumnya, Mnet telah mengumumkan sederet idol besar lainnya yang akan tampil dalam Mnet Asian Music Awards 2019. Mereka ialah GOT7, MONSTA X, TWICE, MAMAMOO, BTS, Seventeen, serta Kim Chung-ha.

MAMA 2019 bakal digelar pada 4 Desember di Nagoya Dome, Jepang. Penggemar bisa menyaksikan langsung acara tersebut dengan membeli tiket yang mulai dijual 31 Oktober lalu. (end)