Lee Dong-wook Cerita Pengalaman Terlibat Produce X 101

tim, CNN Indonesia | Senin, 02/12/2019 23:30 WIB
Lee Dong-wook Cerita Pengalaman Terlibat Produce X 101 Pernah jadi pemandu 'Produce X 101', Lee Dong-wook pun buka suara terkait pengalamannya terlibat dalam acara itu. (Dok. Kingkong by Star Ship Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktor Lee Dong-wook berbagi pendapat terkait kontroversi yang tengah berlangsung di sekitar program Produce X 101. Pada awal 2019, bintang drama Goblin ini sendiri terlibat sebagai pemandu acara Produce X 101 yang saat ini tersandung kasus manipulasi data voting.

Dalam sebuah konferensi pers program terbarunya, Because I Want to Talk, Dong-wook akhirnya ikut buka suara.

"Saya akan menjawab pertanyaan ini. Ini sebenarnya bukan sesuatu yang seharusnya saya bicarakan di sini, tapi saya akan jawab karena kalian bertanya," katanya sebelum berbagi pandangan di hadapan sejumlah awak media.


Lebih lanjut, Dong-wook pun mengatakan bahwa dia tidak sepenuhnya menjauh dari masalah. Dia sendiri mengatakan masih menjalin komunikasi dengan sejumlah peserta dan membahas masalah tersebut.

"Meskipun ada beberapa kontroversi dan situasinya tidak menguntungkan, saya tidak bisa berhenti melakukan pekerjaan saya sendiri. Tetapi itu tidak juga berarti saya memisahkan diri dari pertunjukan itu. Saya masih menghubungi para peserta. Saya pribadi menghubungi mereka dan membagikan pendapat saya dengan mereka juga," katanya.

"Saya tidak akan membicarakannya secara terperinci, tetapi saya pikir sangat disayangkan bahwa semuanya menjadi seperti ini," tambah Dong-wook, dikutip dari Soompi.

Bulan lalu, 10 orang dikonfirmasi terlibat dalam kasus manipulasi 'Produce X 101,' termasuk pejabat tinggi acara seperti Ahn Joon Young dan wakil presiden Starship Entertainment "Kim," yang dicurigai memanipulasi hasil pertunjukan.

Pada investigasi berikutnya, Direktur Produksi CJ E&M Ahn Joon Young selaku PD hanya mengakui melakukan manipulasi hasil pada Produce 48 dan Produce X 101 saja. Namun ia menolak tuduhan untuk musim pertama dan kedua.

Akan tetapi, polisi menemukan fakta bahwa tim Produce juga memanipulasi hasil pada dua musim pertama 'Produce 101'. Tim investigasi siber Kepolisian Metropolitan Seoul menemukan perbedaan antara jumlah suara yang disiarkan dengan data yang sesungguhnya. (agn/end)