5 Lagu Populer Karya Susilo Bambang Yudhoyono

tim, CNN Indonesia | Rabu, 04/12/2019 01:46 WIB
5 Lagu Populer Karya Susilo Bambang Yudhoyono Susilo Bambang Yudhoyono dikenal produktif dalam berkarya. Baru-baru ini, ia merilis sebuah lagu untuk mendiang istri bertajuk 'Seruling di Lembah Sunyi'. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan presiden Indonesia keenam Susilo Bambang Yudhoyono lama dikenal sebagai pria romantis. Hubungannya dengan istri, mendiang Ani Yudhoyono kerap mengundang rasa iri sekaligus haru dari publik. Terlebih, baru-baru ini SBY membuatkan sebuah lagu bertajuk Seruling di Lembah Sunyi untuk mendiang yang berpulang pada Juni lalu.

Musik bukan hal baru untuk SBY. Hal ini terlihat cukup membedakannya sebagai mantan presiden, terlebih SBY terhitung produktif dalam berkarya.

Sejak 2007, SBY telah menelurkan empat album. Masing-masing adalah Rinduku Padamu, Evolusi (2009), Ku Yakin Sampai di Sana (2010), dan Harmoni (2013). Kebanyakan, ia berperan di belakang layar dan mempercayai penyanyi-penyanyi lain untuk membawakan lagu yang ia tulis.


Berikut adalah beberapa lagu yang dibawakan oleh penyanyi populer dalam negeri.

1. Malam Sunyi di Cipaganti

Malam Sunyi di Cipaganti adalah lagu ciptaan SBY yang bertutur tentang kenangan bersama Ani saat bertugas dan tinggal di Bandung.

Lagu itu pernah dibawakan secara langsung oleh Lala Karmela bersama Topati di peluncuran buku SBY yang bertajuk Selalu Ada Pilihan di Jakarta Convention Center pada tahun 2014.

[Gambas:Youtube]

2. Ku Yakin Sampai di Sana

Ku Yakin Sampai di Sana adalah lagu yang ditulis oleh SBY dan dipopulerkan oleh Rio Febrian. Lagu ini diciptakan pada tahun 2010.

Sebagai lirik, SBY menulis tentang perjuangan yang ia upayakan untuk menggapai mimpi. Ia mengungkapkan keyakinan bahwa meskipun jalan hidupnya tidak selalu cantik, ia percaya akan sampai ke tujuan.

3. Kembali

Lagu Kembali populer dibawakan oleh Afgan yang memiliki spesialisasi suara sendu. Video musik untuk lagu tersebut dirilis pada 2011, dan telah menarik 300 ribu lebih penonton di YouTube.

Sesuai judul, Kembali bercerita tentang keinginan seorang pria untuk kembali kepada pasangan yang telah meninggalkannya. 

[Gambas:Youtube]

4. Jiwaku Terang di Malam Itu

Jiwaku Terang di Malam Itu adalah lagu yang ditulis oleh SBY dalam perjalanan pulang ke Indonesia usai berpartisipasi dalam KTT APEC di Lima, Peru pada April 2007. Lagu ini dibawakan oleh Vidi Aldiano.

Jiwaku Terang di Malam Itu pernah dibawakan dalam acara makan malam HUT ke-64 RI di halaman Istana Kepresidenan pada 17 Agustus 2009.

5. Berkelana ke Ujung Dunia

Berkelana ke Ujung Dunia adalah lagu yang dibuat oleh SBY dan dinyanyikan oleh Agnez Mo bersama Andy vokalis Rif.

Lagu ini dirilis pada tahun 2013 lewat album Harmoni, dengan lirik menuturkan tentang seseorang yang bersemangat bepergian, mengunjungi berbagai tempat sampai akhirnya mencapai ujung dunia.

[Gambas:Video CNN]
(rea)