Riwayat Mnet Asian Music Awards Bawa K-Pop ke Panggung Asia

CNN Indonesia | Selasa, 03/12/2019 19:43 WIB
Riwayat Mnet Asian Music Awards Bawa K-Pop ke Panggung Asia Akan berlangsung pada Rabu (4/12), Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2019 menjadi perayaan 20 tahun salah satu ajang musik besar di Asia tersebut. (dok. Mnet)
Jakarta, CNN Indonesia -- Akan berlangsung pada Rabu (4/12), Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2019 menjadi perayaan 20 tahun salah satu ajang musik besar di Asia tersebut. Selama dua dekade, MAMA memiliki riwayat yang cukup panjang bagi industri musik Korea Selatan juga Asia.

Meski masih didominasi oleh musisi K-Pop, namun MAMA secara perlahan memiliki ruang bagi musisi dan pesohor internasional khususnya yang berasal dari Asia.

Mnet Asian Music Awards dilaksanakan pertama kali pada 27 November 1999 dan kemudian dilaksanakan setiap tahun oleh CJ E&M. Awalnya penghargaan tersebut bernama Mnet Video Music Awards dan dilaksanakan di Seoul.


Sejak saat itu, MAMA mengalami sejumlah perubahan nama. Perubahan itu mulai dari Mnet Video Music Awards (1999), lalu Mnet Music Video Festival (2000-2003), Mnet KM Music Video Festival (2004-2005), Mnet KM Music Festival (2006-2008), dan kemudian menetapkan diri sebagai Mnet Asian Music Awards (MAMA) pada 2009 hingga kini.

Selama 10 tahun pertama perhelatan, MAMA selalu dilaksanakan di Korea Selatan. Baru pada 2010, MAMA beranjak ke luar Korea, tepatnya di Macau.

Kala itu, Miss A yang baru debut berhasil memenangkan hadiah utama alias daesang dalam Song of the Year berkat lagu Bad Girl Good Girl.

Setelahnya, MAMA kembali dilaksanakan di luar Korea sebagai langkah untuk lebih "merangkul" negara Asia. Singapura menjadi pijakan MAMA selanjutnya pada 2011.

Hong Kong menjadi rumah kedua MAMA sejak 2012. Di kota metropolitan Asia tersebut, MAMA berlangsung tujuh tahun, yaitu 2012-2016 lalu loncat pada 2017-2018. Khusus pada 2017-2018, MAMA dilaksanakan juga di sejumlah kota lain di Asia, seperti di Ho Chi Minh City, Yokohama, dan Saitama.

Pada 2012, lagu fenomenal Gangnam Style milik Psy berhasil meraih daesang untuk kategori Song of the Year MAMA di Hong Kong.

MAMA 2013 berlangsung bertaburkan bintang internasional. Kala itu, penyanyi Ylvis menjadi salah satu bintang tamu dan berkolaborasi dengan girlband Crayon Pop menyanyikan 'Bar Bar Bar' yang terkenal di Korea Selatan.

G-DragonG-Dragon pernah secara terang-terangan menyindir ajang penghargaan MAMA di atas panggung. (Dok. YG Entertainment)

Setahun setelahnya, atau pada 2014, menjadi ajang MAMA yang tak bisa dilupakan penggemar K-Pop, khususnya fan Big Bang, V.I.P. Pada momen tersebut, G-Dragon secara terang-terangan menyindir ajang penghargaan itu di atas panggung.

Ia menyindir ajang MAMA terlalu mudah memberikan penghargaan hanya demi kepentingan segolongan pihak di industri musik, bukan semata-mata karena kualitas.

"It's been a year, MAMA. Because you set such a large table/awards. You hand it out generously so your children don't fight," kata G-Dragon dalam rap pembuka lagu Good Boy.

MAMA semakin merambah negara lain pada 2017. Kala itu, MAMA pertama kalinya menyelenggarakan acara di tiga negara sekaligus, Vietnam, Jepang, dan Hong Kong. Ajang itu pun berlangsung selama empat hari.

Pada MAMA 2017 pula, Agnez Mo berhasil naik ke atas panggung dan memeriahkan acara. Ia membawakan tiga lagu internasionalnya, Coke Bottle, Long As I Get Paid, dan Damn I Love You.

MAMA menambah penghargaan utama alias daesang baru pada 2018, yaitu Worldwide Icon of the Year. Pada saat itu, boyband BTS berhasil membawa tiga daesang, Artist of the Year, Album of the Yar, dan Worldwide Icon of the Year.

Tahun ini MAMA akan kembali dilaksanakan. Negara Jepang dipilih menjadi satu-satunya lokasi untuk perhelatan tahun ini.

Mengangkat tema 'The NEXT DIMENSION: MUSIC', ajang MAMA 2019 akan menjadi yang pertama kalinya diselenggarakan diluar Hong Kong setelah 7 tahun lamanya.

Pada tahun ini pula, MAMA dipenuhi oleh oleh berbagai skandal. Salah satunya dengan XI dan IZ*ONE yang batal tampil karena kasus manipulasi hasil suara Produce X 101, acara yang melahirkan dua grup itu. (kir/end)