Musisi Asing hingga Komika Akan Isi Joyland Festival

CNN Indonesia | Selasa, 03/12/2019 20:39 WIB
Musisi Asing hingga Komika Akan Isi Joyland Festival Setelah lima tahun absen, Joyland Festival kembali hadir dan membawa banyak musisi asing hingga komika yang belum banyak dikenal. (CNN Indonesia/Kiara)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah absen lima tahun, festival musik Joyland Festival kembali dilangsungkan pada 7-8 Desember nanti di Lapangan Panahan Senayan. Kali ini, berbeda dibanding sebelumnya, musisi internasional hingga komika akan ikut berpartisipasi.

Sejumlah musisi internasional yang akan bergabung dalam Joyland Festival ini adalah Hatchie (Australia), Frankie Cosmos (Amerika Serikat), Yves Tumor (Amerika Serikat), Washed Out (Amerika Serikat), Tops (Kanada), dan Anna of the North (Norwegia).

"Dengan era yang sudah lebih digital ini untuk referensi musik sebenarnya jadi enggak ada batas. Itu intinya yang pengen kita tangkep. 'Kenapa enggak kita ngajak musisi-musisi yang sebenernya masih beririsan untuk di Joyland Festival?' Bareng dengan musisi-musisi lokal," Ungkap Ferry Dermawan selalu program director dari Joyland Festival saat ditemui di Jakarta Selatan, Selasa (3/12).


Musisi lokal yang bergabung dengan Joyland Festival sendiri terdapat 23 nama. Beberapa di antaranya adalah Naif, Efek Rumah Kaca, Jamie Aditya, Eva Celia, Maliq & D'Essentials, dan Hindia.

[Gambas:Youtube]

Joyland Festival bukan hanya menggandeng musisi lokal dan internasional sebagai penampil, melainkan juga sejumlah seniman untuk mengurasi enam arena dalam acara musik tersebut, yaitu Joyland Stage, Lily Pad, Cinerillaz, Shrooms Garden, White Peacock, serta Joyland Village.

Band Efek Rumah Kaca digandeng sebagai kurator panggung Lily Pad, komika Soleh Solihun untuk Shrooms Gardem, dan sutradara Anggun Priambodo untuk Cinerillaz.

Masing-masing dari panggung tersebut akan memiliki tema yang berbeda-beda yaitu Musik, Film, dan Komedi.

Terdapat juga area White Peacock yang memiliki tema storytelling dan akan diisi oleh Najwa Shihab, Klub Buku Narasi, Aryo Zidni & Nonaria, dan Reda Gaudiamo.

Soleh Solihun selaku kurator dari Shrooms Garden mengatakan bahwa ia telah memilih enam nama yang akan meramaikan panggung tersebut.

Soleh Solihun digandeng Joyland Festival untuk mengurasi komika.Soleh Solihun digandeng Joyland Festival untuk mengurasi komika. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

Pemilihan tersebut ia sebut bukan hanya berdasarkan kepopuleran belaka. Ia menyebut ingin juga mengangkat para stand-up komedian yang belum terlalu dikenal tapi memiliki potensi besar.

"Komikanya saya bagi dua antara yang relatif sudah dikenal seperti Awwe, atau si Aci Resty dan Kiky Saputri yang viral karena roasting Fadli Zon itu," kata Soleh Solihun.

"Tapi juga ada nama-nama yang sebenarnya mereka lucu, tapi orang belum banyak tau dan belum dikasih kesempatan banyak. Kayak si Eka Kuota sama Nury Zhafira itu. Itu mereka orang belum diketahui tapi sebenarnya lucu." lanjutnya.

Tiket Joyland Festival memiliki harga mulai dari Rp200 ribu sampai dengan Rp2,5 juta untuk tiket grup. Pembelian tiket dapat dilakukan secara daring maupun di lokasi acara. (kir/end)