Jin BTS, 'Gamer' yang Sempat Tolak Jadi Idol

tim, CNN Indonesia | Rabu, 04/12/2019 11:58 WIB
Jin BTS, 'Gamer' yang Sempat Tolak Jadi Idol Jin BTS berulang tahun pada 4 Desember. (dok. Instagram/bts.bighitofficial)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kim Seok-jin atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Jin merupakan anggota tertua dari BTS. Lelaki yang lahir pada tanggal 4 Desember 1992 ini memegang posisi vokal di boyband yang sedang mendulang popularitas dunia tersebut.

Lahir di keluarga berkecukupan, Jin pernah menjalani pertukaran pelajar ke Australia saat duduk di bangku SMP. Ia juga kerap kali bepergian ke luar negeri untuk mengikuti pekerjaan sang ayah.

Pada awalnya, Jin tidak ingin menjadi seorang idola. Ia sempat menolak kesempatan untuk menjadi trainee di SM Entertainment. Namun, penawaran lain datang dari Big Hit Entertainment. Jin yang saat itu tengah menjalani pendidikan untuk menjadi aktor di Universitas Konkuk berubah pikiran. 


Pada 13 Juni 2013, Jin resmi debut sebagai salah satu vokalis BTS. Memiliki paras rupawan, laki-laki yang dijuluki sebagai Pria Tertampan di Dunia versi situs King Choice ini juga didapuk menjadi visual grup.

Jin pertama kali merilis lagu solo dalam album kedua BTS, Wings, tepatnya di lagu Awake, di mana ia turut berkontribusi dalam pembuatannya. Awake berhasil masuk ke dalam Gaon Music Chart dan menempati urutan ke-31. Lagu yang sama sempat menduduki posisi keenam di Billboard World Digital Singles Chart.
Jin BTS, Pria Tertampan yang Sempat Tolak Jadi IdolMulanya, Jin sempat menolak untuk menjadi trainee di bawah SM Entertainment. (dok. Instagram/bts.bighitofficial)
Pada 9 Agustus 2018, lagu solo kedua Jin yang berjudul Epiphany dirilis sebagai latar lagu trailer album kompilasi BTS, Love Yourself: Answer. Seperti juga Awake, Epiphany merayap masuk ke dalam Billboard World Digital Singles Chart, bahkan kali ini sampai di peringkat empat.

[Gambas:Youtube]

Jin beserta anggota BTS lainnya dianugerahi penghargaan Hwagwan Orer of Cultural Merit oleh Presiden Moon Jae-in pada Oktober 2018 atas kontribusi mereka dalam menyebarkan budaya dan bahasa Korea pada dunia internasional melalui musik.

Berkarier di dunia musik, Jin berteman dekat dengan beberapa idola K-Pop, seperti Sandeul dari B1A4. Keduanya kerap menyebut nama satu sama lain dalam berbagai kesempatan. Ia juga serta dalam sebuah grup obrolan para idola yang lahir di tahun 1992. Grup tersebut beranggotakan Ken VIXX, Sandeul dan Baro B1A4, Moonbyul Mamamoo, serta Hani eks EXID.

Jin juga terkenal sangat senang bermain gim. Ia dan beberapa idol lainnya yaitu Youngjae B.A.P, Eunkwang BTOB, Ken VIXX tergabung dalam sebuah gaming crew yang dinamakan 'The Strongest Idol' untuk menyalurkan hobi mereka.

Pada April 2018, Jin bersama saudaranya membuka restoran di Seoul yang diberi nama Ossu Seiromushi, menyediakan menu khas Jepang. Restoran ini kemudian dikelola oleh kakak laki-laki Jin, Kim Seok-jung. (kir/rea)