ITZY, dari Berbagai Ajang Bakat Jadi Pemenang MAMA 2019

CNN Indonesia | Kamis, 05/12/2019 05:16 WIB
ITZY, dari Berbagai Ajang Bakat Jadi Pemenang MAMA 2019 ITZY berhasil menjadi pemenang Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2019 melalui kategori Best New Female Artist, Rabu (4/12). (Dok. JYP Entertainment via youtube)
Jakarta, CNN Indonesia -- ITZY berhasil menjadi pemenang Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2019 melalui kategori Best New Female Artist, Rabu (4/12), di Nagoya, Jepang. Kemenangan ini jadi langkah besar bagi grup beranggotakan Yeji, Lia, Ryujin, Chaeryeong, dan Yuna itu.

Kelima anggota ITZY semula adalah para peserta ajang survival show yang berbeda-beda. Chaeryeong tergolong salah satu pemenang Sixteen namun memutuskan tak bergabung dalam grup pemenang, TWICE.

Ryujin merupakan peserta ajang Mix Nine dan berhasil memenangkan kompetisi di kategori wanita, namun gagal keluar sebagai juara umum dari pemenang kategori laki-laki.


Yeji merupakan kontestan dari The Fan, namun tereliminasi di episode lima. Mereka, kecuali Lia, juga pernah muncul di acara Stray Kids yang menghasilkan grup dengan nama serupa.

Dari sekumpulan wanita jebolan ajang pencarian tersebut, JYP memutuskan untuk membuat sebuah girlband lagi usai TWICE pada 2015. Hingga kemudian, JYP berhasil mengumpulkan mereka dan mengumumkan debut ITZY pada Januari 2019.

ITZY merilis single pertama mereka 'Dalla Dalla' pada 12 Februari 2019 dan mendapatkan kesuksesan komersial. Video musik lagu tersebut ditonton 17 juta kali dalam satu hari.

ITZY merilis album mini debut mereka pada 29 Juli 2019 berjudul "It'z Icy". Album itu berhasil bertengger di nomor 11 di Billboard World Albums Chart, dan nomor 19 di tangga album Billboard Heatseekers Albums.

Dengan kesuksesan album tersebut, mereka pun berani merencanakan tur di Amerika Serikat dan akan berlangsung pada 2020 mendatang di lima kota di penjuru Negeri Paman Sam.

Pada MAMA 2019, ITZY mendapatkan nominasi untuk kategori Artist of the Year, Best New Female Artist, Worldwide Fans' Choice Top 10, Favorite Female Artist. (end)