Gummy, dari Lagu OST ke Piala MAMA 2019

CNN Indonesia | Rabu, 04/12/2019 19:30 WIB
Gummy, dari Lagu OST ke Piala MAMA 2019 Kemenangan Gummy dalam MAMA 2019 berkat soundtrack 'Hotel Del Luna' menambah panjang reputasinya sebagai penyanyi andalan lagu tema. (Ed JONES / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kemenangan penyanyi Gummy dalam Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2019 berkat lagunya yang menjadi soundtrack drama Korea Hotel Del Luna menambah panjang reputasinya sebagai penyanyi andalan untuk lagu tema.

Bernama asli Park Ji-yeon, Gummy pertama kali debut sebagai penyanyi melalui album Like Them pada 2003. Lagu Memory Loss yang berada dalam album tersebut berhasil memberikan dirinya penghargaan pertama, bonsang dalam Golden Disk Awards.

Pada tahun yang sama, Gummy kembali memenangkan penghargaan berkat Memory Loss, yaitu Mobile Popularity Award di Mnet KM Music Festival 2004, atau penghargaan MAMA pertamanya.


Setelah ragam capaian itu, Gummy kemudian merilis album kembali pada 2005 dengan tajuk For The Bloom. Hanya saja, usai itu Gummy vakum cukup lama dengan harapan dapat menciptakan karya dengan kualitas terbaik dan menunjukkan perkembangannya.

Gummy tercatat sudah merilis lima album hingga saat ini, Like Them dan It's Different pada 2004, For The Bloom pada 2005, Comfort pada 2008, dan Stroke pada 2017.

Sejak awal kariernya, Gummy berada di bawah naungan agensi YG Entertainment tapi setelah 10 tahun bertahan dia kemudian memilih pindah agensi ke C-JeS Entertainment pada Oktober 2013.

Dia pun menandai 10 tahun kariernya dengan mengadakan fan meeting dan merilis album kedua di Jepang.

Gummy juga dikenal sebagai penyanyi soundtrack andalan. Ia tercatat menyumbangkan suara dalam 24 lagu soundtrack untuk 22 drama Korea. Beberapa drama Korea tersebut tergolong laris, seperti Descendants of the Sun, Love in the Moonlight, Hotel Del Luna, dan The Tale of Nokdu.

Lagu tema Descendants of the Sun, You are My Everything berhasil membawa Gummy populer di sejumlah negara. Lagu itu jadi jawara tangga lagu K-Pop iTunes di Kanada, Hong Kong, Selandia Baru, Malaysia, Singapura, Australia, Indonesia, dan Taiwan, juga Amerika Serikat.

Sejumlah penghargaan berkat lagu tema drama diperoleh Gummy dari berbagai ajang, seperti Golden Disc Awards pada 2017; lalu pada pada 2018 di Asia Artist Awards, Seoul Music Awards, dan Seoul International Drama Awards; kemudian pada 2019 lewat Melon Music Awards.

Sepanjang sejarah kariernya, Gummy sudah memenangkan MAMA dua kali, yaitu pada 2004 dan 2010. Namun MAMA 2019 menjadi momen pertama dirinya memenangkan kategori Best OST berkat Remember Me yang jadi OST Hotel Del Luna.

[Gambas:Youtube]
(agn/end)