TWICE, dari Ajang Bakat ke Panggung Musik K-Pop

CNN Indonesia | Kamis, 05/12/2019 04:55 WIB
TWICE, dari Ajang Bakat ke Panggung Musik K-Pop Kurang dari dua tahun usai debut, TWICE sukses menjual lebih dari 1,2 juta kopi dengan album mini dan satu album spesial. (dok. JYP Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia -- TWICE berhasil membawa pulang piala MAMA 2019 pada Rabu (4/12) malam di Nagoya, Jepang. Setidaknya, mereka berhasil menjadi Best Female Group, dan Best Dance Performance Female Group

Capaian TWICE bisa dibilang begitu pesat. Girlband ini dibentuk oleh agensi JYP Entertainment lewat reality show SIXTEEN pada 2015.

Sebelum itu, JYP sendiri telah mengumumkan sejak 2013 bahwa mereka hendak memperkenalkan girlband K-Pop baru pada paruh pertama 2014, setelah membentuk Miss A pada 2010.


Kala itu, trainee JYP Lena dan Cecilia dikonfirmasi sebagai anggota di grup, sedangkan anggota lainnya adalah Nayeon, Jeongyeon, Jisoo (kemudian Jihyo), dan Minyoung.

Setelah Lena keluar dari agensi, posisinya digantikan oleh Sana. Pergantian posisi itu kemudian membuat perubahan rencana debut ditunda.

Grup yang terdiri dari sembilan anggota, akhirnya baru memulai debut mereka pada 20 Oktober 2015 dengan album mini The Story Begins.

Namun, baru pada 2016 TWICE mulai meraih puncak ketenaran berkat lagu Cheer Up yang berhasil menduduki posisi nomor satu di Gaon Digital Chart dan menjadi lagu dengan penjualan terbaik pada tahun yang sama.

Lagu Cheer Up bahkan memenangkan gelar Song of the Year pada acara penghargaan musik utama seperti Melon Music Awards dan Mnet Asian Music Awards.

Setelah itu, lagu TT dari album mini ketiga mereka Twicecoaster: Lane 1, menduduki puncak tangga lagu selama empat minggu berturut-turut. Album itu sendiri menjadi album girlband dengan penjualan terbaik pada 2016.

Kurang dari dua tahun usai debut pun, TWICE sukses menjual lebih dari 1,2 juta kopi dengan album mini dan satu album spesial.

Hingga pada 2017, TWICE akhirnya melangkah lebih jauh dengan resmi memulai debut di Jepang di bawah label Warner Music Jepang dengan perilisan album berjudul #Twice.

Album itu sendiri berhasil menduduki peringkat 2 pada Oricon Albums Chart dan terjual lebih dari 130 ribu kopi dalam waktu sepekan.

Hingga kini, TWICE tercatat telah merilis album mini sebanyak 8 album mini, satu album studio, serta tiga album spesial. Sementara di Jepang, mereka telah merilis dua album studio, dua album spesial, serta satu album mini. (agn/end)