MAMA 2019 Dianggap Menghina, Fan EXO Tuntut Mnet Minta Maaf

CNN Indonesia | Kamis, 05/12/2019 07:39 WIB
MAMA 2019 Dianggap Menghina, Fan EXO Tuntut Mnet Minta Maaf Penggemar EXO, atau para EXO-L beramai-ramai memprotes tindakan Mnet yang dianggap menghina idol mereka. (Foto: Dok. SM Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selang beberapa jam usai helatan Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2019 usai, para penggemar EXO yang disebut EXO-L beramai-ramai memprotes perlakuan penyelenggara lewat Twitter. Hal ini membuat tagar #MnetApologizeToEXO menjadi trending topic.

Protes bermula ketika Mnet menayangkan video promosi acara berdurasi 15 detik yang dianggap menghina EXO. Dalam video, Mnet memakai potongan lagu EXO yang bertajuk Mama, kemudian memberinya tanda silang 'X' besar di tengah.
Tindakan itu dirasa sebagai sebuah celaan, baik bagi EXO, SM Entertainment, maupun EXO-L.




EXO-L lantas menyebut bahwa di tahun 2017, idola mereka juga mendapat perlakuan tak menyenangkan di MAMA. Saat itu, dikatakan bahwa EXO seharusnya naik panggung untuk menerima penghargaan di acara yang berbasis pemungutan suara tersebut, namun tak terjadi.

Selain itu EXO-L mengaku merasa tak diperlakukan adil oleh para penjaga keamanan. Personel EXO yang mengetahui penggemar tak dapat menikmati acara disebut sampai menangis.



Cuitan-cuitan penuh amarah dan kekesalan diungkapkan para EXO-L, menuntut Mnet meminta maaf atas tindakan mereka terhadap EXO.
"Jangan salah menanggapi kami. Kami tidak marah kepada grup lain yang menerima penghargaan. Kami tidak geram kepada fandom lain yang merayakan dan berbangga. Kami tidak iri pada pencapaian grup lain. #MnetApologizeToEXO punya makna lain," tulis akun @zkaiytlin.

Seorang fan menyebut acara penghargaan musik Mnet itu bak 'seekor ular'. Akun @zepoven menulis, "The snake of the year award goes to Mnet MAMA! Ya! Kalian Mnet menang lagi tahun ini! Selamat!"



Hal ini turut mengundang reaksi dari basis penggemar grup lain, seperti Monbebe fan MONSTA X dan ARMIES, sebutan untuk penggemar BTS.
"Monbebe di sini untuk mendukung. Mnet itu omong kosong. Di masa lalu dan sekarang. Apa yang telah mereka lakukan pada EXO, dan bahkan tak memakai lagu yang tepat untuk video yang benar?" kata akun @musiclover620 yang mengaku Mnet juga tidak baik memperlakukan MONSTA X.

"Kami para ARMIES mendukung kalian... Kami juga akan marah jika mereka melakukan hal ini kepada Bangtan," kata akun @Manasi2244.



Dalam MAMA 2019 yang digelar di Nagoya Dome, Jepang, pada Rabu (4/12), EXO juga gagal membawa pulang piala. Mereka mendapat nominasi setidaknya di tiga kategori, termasuk Best Male Group dan Best Dance Performance Male Group lewat video musik Tempo.

Sementara BTS, TWICE, dan SEVENTEEN adalah grup dengan perolehan piala MAMA terbanyak tahun ini.

Namun EXO-L Indonesia tak perlu turut bersedih. EXO dipastikan akan segera kembali. Grup buatan SM Entertainment ini akan memeriahkan HUT ke-18 TRANSMEDIA. Dalam kesempatan itu, mereka akan hadir bersama 'adik bungsu', NCT Dream.

Anda dapat merasakan kemeriahan dan performa memukau dari EXO dan NCT Dream dalam acara HUT ke-18 TRANSMEDIA yang diselenggarakan pada 14-15 Desember 2019. Yuk, rasakan kemeriahan HUT ke-18 Transmedia dengan bermain sepuasnya di Theme Park kelas dunia Trans Studio Cibubur.

(rea)