Oprah Garap Dokumenter Pelecehan Seksual di Industri Musik

CNN Indonesia | Jumat, 06/12/2019 04:00 WIB
Oprah Garap Dokumenter Pelecehan Seksual di Industri Musik Oprah Winfrey tengah menggarap film dokumenter mengenai pelecehan seksual di industri musik yang diproyeksikan tayang pada tahun depan. (Ian West/POOL/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Oprah Winfrey tengah menggarap film dokumenter mengenai pelecehan seksual di industri musik yang diproyeksikan tayang pada tahun depan.

Sebagaimana dilansir NME, Winfrey akan bertindak sebagai produser, sementara kursi sutradara diduduki oleh Kirby Dick dan Amy Ziering.

Film yang belum diumumkan judulnya itu akan berfokus pada kehidupan "Seorang mantan eksekutif musik brilian yang bimbang harus membeberkan cerita pengalamannya dilecehkan oleh tokoh penting di industri musik atau tidak."


Tim produksi menjanjikan film ini dapat memberikan gambaran mendalam mengenai ras, jenis kelamin, kelas, dan interseksionalitas."

Karya ini juga diharapkan dapat menelaah lebih lanjut dampak pelecehan seksual terhadap korbannya dan masyarakat secara luas.

Sebelum menggarap proyek ini, Dick dan Ziering sudah menggarap dua film mengenai kekerasan seksual, yaitu "The Invisible War" (2012) dan The Hunting Ground (2015).

Winfrey sendiri dikenal sangat vokal dalam mendukung gerakan #MeToo dan #TimesUp. Saat menerima penghargaan lifetime achievement awards di Golden Globes 2018, Winfrey juga mengangkat masalah-masalah yang harus dihadapi perempuan di tengah masyarakat.

"Sejak lama, perempuan tak didengar atau dipercaya ketika mereka berani berbicara mengenai kebenaran dan kekuatan para pria. Namun, kini waktu mereka sudah habis, sudah habis," katanya. (has/has)