Golden Disc Awards ke-34 Digelar 4-5 Januari 2020

tim, CNN Indonesia | Kamis, 05/12/2019 10:19 WIB
Ajang penghargaan musisi Korea, Golden Disc Awards dipastikan kembali digelar pada 4-5 Januari 2020 di Seoul. Para nominasi akan diumumkan pada Jumat (6/12). Golden Disc Awards 2020 dipastikan digelar pada 4 dan 5 Januari. (screenshot via Instagram/@golden_disc)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ajang penghargaan untuk musisi Korea, Golden Disc Awards bakal kembali digelar pada 4-5 Januari 2020. Di hari pertama, penghargaan diberikan kepada rilisan digital terbaik, sementara rilisan fisik mendapat giliran di hari kedua.

Melansir Soompi, Golden Disc Awards 2020 menentukan syarat lagu dan album yang dirilis antara Oktober 2018 sampai Oktober 2019 sebagai nominasi. Penjualan dan streaming dari situs-situs didata sampai pertengahan Desember akan dikumpulkan kemudian dari Gaon Chart.

Sejak 2018, Golden Disc Awards tidak lagi memasukkan voting daring sebagai kriteria yang dapat menentukan pemenang dari kategori-kategori utama. Satu-satunya yang menghitung suara daring adalah di Popularity Award.


Ajang ini memiliki komite eksekutif dan 50 spesialis dari industri bersangkutan yang akan mengakurasi para nominasi, yang juga dipilih berdasarkan perhitungan kuantitatif dan mengevaluasinya berdasar perhitungan kualitatif, misalnya seperti pencapaian lagu atau album dan seberapa berpengaruh di masyarakat. Evaluasi tersebut memiliki 40 persen bobot penilaian untuk menentukan pemenang.

Golden Disc Awards merupakan ajang penghargaan bergengsi di Korea. Di penyelenggaraan tahun 2019, Love Yourself: Answer dari BTS keluar sebagai Album Daesang atau Album of the Year, sementara Love Scenario milik iKon ditetapkan sebagai Digital Song Daesang atau Song of the Year.

Namun, para nominasi untuk tiap-tiap kategori tahun ini baru akan diumumkan di situs resmi pada Jumat (6/12). Golden Disc Awards 2020 bakal kembali mengambil tempat di Gocheok Sky Dome di Seoul.

[Gambas:Video CNN] (rea)