Sutradara Maze Runner Garap Film Planet of the Apes

CNN Indonesia | Jumat, 06/12/2019 13:34 WIB
Sutradara Maze Runner Garap Film Planet of the Apes Ilustrasi film Planet of the Apes. (Dok. 20th Century Fox)
Jakarta, CNN Indonesia -- Film kisah kera memperbudak manusia dalam sebuah planet, "Planet of the Apes", akan kembali dengan sutradara yang sebelumnya dikenal mengarahkan seri film "Maze Runner", Wes Ball.

Dilansir NME, rumah produksi 20th Century Fox mengumumkan rencana ini setelah mereka diakuisisi oleh Disney. Namun, belum ada keterangan lebih jauh, mereka akan memproduksi ulang "Planet of the Apes" atau melanjutkan yang sudah ada.

Terakhir kali, 20th Century Fox merilis film "War for the Planet of the Apes" pada 2017, dua tahun sebelum diakuisisi oleh Disney.


Kisah orisinal Planet of the Apes sendiri terangkum dalam novel bertajuk "La Planète des Singes" karya Pierre Boulle yang rilis pada 1963 silam.

Karya tersebut pertama kali diadaptasi menjadi film pada 1968 dengan sutradara Franklin J. Schaffner dan naskah yang ditulis oleh Michael Wilson dan Rod Serling. Tajuk film itu sama dengan judul novel yang diterjemahkan menjadi bahasa Inggris.

Pada awal dekade 1970-an film Planet of the Apes kembali dibuat, kali ini berseri, yaitu "Beneath the Planet of the Apes" (1970), "Escape from the Planet of the Apes" (1971), "Conquest of the Planet of the Apes (1972)", dan "Battle for the Planet of the Apes"(1973).

Kemudian, pada 2001 film itu diproduksi ulang dengan tajuk "Planet of the Apes". Film itu disutradarai Tim Burton dan dibintangi oleh Mark Wahlberg, Tim Roth, Helena Bonham Carter, dan Michael Bonham Carter.

[Gambas:Video CNN]

Tak berhenti di sana, film yang mengisahkan kera ini kembali diproduksi dalam bentuk seri. Sampai saat ini, sudah ada tiga film, yaitu "Rise of the Planet of the Apes" (2011), "Dawn of the Planet of the Apes" (2014), dan "War for the Planet of the Apes" (2017).

Jika Fox memproduksi ulang, maka kisah tiga film itu tidak akan berlanjut. Bila tidak memproduksi ulang, maka film "Planet of the Apes" akan mengisahkan cerita baru. (adp/has)