MAMA 2019 dan Teropong ARMY untuk BTS

CNN Indonesia | Kamis, 05/12/2019 15:42 WIB
MAMA 2019 dan Teropong ARMY untuk BTS MAMA 2019 terasa lebih berbeda, bukan hanya berlangsung usai badai skandal dan di tengah konflik Korea-Jepang, tapi juga lebih singkat dan didominasi BTS. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Nagoya, CNN Indonesia -- Perayaan Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2019 rampung digelar dengan meriah, Rabu (4/12), di Nagoya Dome, Jepang.

Tahun ini MAMA terasa lebih berbeda, bukan hanya karena berlangsung usai badai skandal KPop dan di tengah konflik perang dagang Korea Selatan-Jepang, tetapi juga lebih singkat dan didominasi BTS.

Penyelenggaraan tahun ini menjadi MAMA pertama yang berlangsung satu hari setelah dua tahun terakhir diadakan lebih dari sehari. Bahkan pada 2018, MAMA diselenggarakan tiga hari di tiga kota berbeda, Seoul, Saitama, dan Hong Kong.


Konflik dan kerusuhan yang melanda Hong Kong diduga menjadi alasan MAMA tak kembali ke 'rumah keduanya' itu. Padahal Hong Kong sudah tujuh tahun menjadi rumah MAMA sejak 2012.

Tensi yang memanas akibat perang dagang antara Korea dan Jepang juga sempat mengancam keberlangsungan MAMA 2019.


Pro-kontra terjadi di industri hiburan Korea atas rencana MAMA 2019 berlangsung di Nagoya. Namun, festival sekaligus penghargaan musik K-Pop tahunan ini akhirnya tetap berjalan meski cuma sehari.

Maka sebenarnya wajar bagi penggemar K-Pop seperti saya merasa MAMA 2019 terasa begitu singkat. Durasi yang singkat juga terlihat dari para idol yang tampil di atas panggung utama ajang penghargaan bergengsi industri K-Pop itu.

Rata-rata, para penampil "hanya" menampilkan dua sampai tiga lagu hit. Salah satunya TWICE yang hanya membawakan dua lagu baru, Feel Special dan FANCY. GO7 juga begitu, cuma menampilkan Calling My Name, Crash & Burn, dan secuplik Eclipse.

Catatan MAMA 2019 bukan hanya itu. Kolaborasi spesial para idol kali ini juga tak seramai tahun-tahun sebelumnya.

Dalam MAMA 2019, J.Y. Park (JYP) berkolaborasi dengan Hwasa MAMAMOO dalam Don't Leave Me. JYP juga tampil membawakan You're the One bersama MAMAMOO.

Memantau MAMA 2019 dan Teropong ARMY untuk BTS JYP juga tampil membawakan You're the One bersama MAMAMOO. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)

Hwasa MAMAMOO juga menampilkan New Rules bersama Dua Lipa di atas panggung utama MAMA 2019.

Hal itu berbeda dibandingkan MAMA 2017 yang banyak menampilkan pertunjukan spesial. Misalnya saja kolaborasi Sunmi dan Taemin dalam Gashina dan Move, kolaborasi Red Velvet dan NCT 127 bersama Hitchhiker.

Penampilan spesial belum berhenti di MAMA 2017. Masih ada aksi kumpulan rapper yakni Dynamic Duo, Jackson GOT7, Mark NCT, Jooheon MONSTA X, serta Vernon SEVENTEEN menampilkan 1/N.

Meski terasa singkat, para idol tetap menyajikan sesuatu yang beda dalam MAMA 2019 daripada penampilan biasanya. Hal ini terlihat dari penampilan remix dalam DALLA DALLA oleh ITZY, HIP oleh MAMAMOO, atau perubahan koreografi dalam Calling My Name oleh GOT7.

ATEEZ dan ONEUS juga menampilkan mash up lagu mereka, Wonderland dan Lit, dengan sejumlah K-pop hit seperti Ice Cream Cake milik Red Velvet, Sherlock milik SHINee, Rough milik GFriend, dan Blood Sweat & Tears milik BTS.

[Gambas:Youtube]

Mini Konser BTS dan Teropong ARMY

Di sisi lain, ketika durasi penampilan beragam idol dalam MAMA terasa amat singkat, hal berbeda terjadi untuk BTS. Boyband yang di atas angin tersebut mengubah MAMA 2019 menjadi mini konser mereka.

RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V dan Jungkook menampilkan lima lagu hit mereka di akhir acara, mulai dari N.O, We are Bulletproof pt.2, Dionysus, Boy With Luv, serta Mikrokosmos sebagai penutup.

Namun penilaian "mini konser" bukan hanya karena jumlah durasi dan lagu yang mereka bawakan lebih banyak. Melainkan juga suasana yang muncul di Nagoya Dome. Para ARMY, fan BTS, jelas menguasai bangunan kapasitas 49 ribu itu.

Teriakan histeris ARMY memenuhi Nagoya Dome tiap kali BTS terlihat di layar. Gemuruh teriakan ARMY juga terdengar ketika BTS berjalan kembali ke tempat duduk usai menerima penghargaan, meski beberapa dari mereka pun turut bernyanyi saat JYP tampil.

Banyak hal baru ditemukan ketika menghadiri MAMA 2019. Salah satunya adalah penggunaan teropong oleh penonton. Bila di Jakarta menggunakan teropong kala konser bisa jadi lelucon, di MAMA 2019 candaan itu jadi kenyataan.


Hal itu terjadi karena pada MAMA 2019, para idol diberikan tempat duduk di atas panggung kecil yang terletak di bagian belakang festival.

Tak sedikit penggemar yang menggunakan teropong demi bisa melihat idola mereka lebih jelas.

Seperti yang dilakukan oleh penonton yang duduk di sebelah CNNIndonesia.com. Ia lebih memilih untuk melihat BTS lewat teropong. Sepanjang acara.

Sejak MAMA 2019 dimulai, ia sudah berdiri di pinggir tangga dan mengarahkan teropong ke kursi para idol. Penampilan idol lain di atas panggung utama dalam beberapa jam tersebut tak membuatnya tertarik.

Hanya gerak-gerik para anggota BTS yang mengalihkan dunianya -- hal yang memang wajar terjadi pada penggemar Kpop lainnya.

ARMY lain yang duduk di sebelah kanan juga sama. Ia bahkan tertidur sepanjang acara, di tengah gemuruh teriakan para penggemar K-Pop, termasuk saya yang semangat melihat idola naik ke atas panggung.

[Gambas:Youtube]

Semula, ia diduga adalah pihak sponsor yang hanya bertugas memantau produknya tayang saat iklan. Namun ternyata anggapan itu salah.

Ia mendadak terbangun, berdiri, dan mengeluarkan teropong yang lebih besar dari ARMY lainnya kala intro lagu BTS terdengar. Itu jadi sedikit bukti totalitas ke-fandom-an para ARMY terhadap BTS.

Namun wajar pula bila para ARMY begitu mencintai BTS. Dengan segala musikalitasnya yang memang patut diakui, BTS memang tengah berada di atas angin. MAMA 2019 hanya bagian dari beragam prestasi yang mereka raih.

Dalam MAMA 2019, BTS mendapatkan seluruh penghargaan utama (daesang) yakni Artist of the Year, Worldwide Icon of the Year, Song of the Year lewat lagu Boy With Luv serta Album of the Year melalui Map of the Soul: Persona.

Anak asuh Big Hit Entertainment ini juga mendapatkan penghargaan Best Male Group, Best Dance Performance Male Group, Best Music Video, Worldwide Fans' Choice, serta Qoo10 Favorite Male Artist. Sehingga, tahun ini BTS menyabet sembilan penghargaan MAMA 2019.

[Gambas:Video CNN] (chri/end)