Langkah Perubahan TVRI Kala Dipimpin Helmy Yahya

tim, CNN Indonesia | Kamis, 05/12/2019 20:16 WIB
Langkah Perubahan TVRI Kala Dipimpin Helmy Yahya Helmy Yahya duduk sebagai Dirut pada 2017, dan sejak itu pula TVRI mengalami sejumlah perubahan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Televisi Republik Indonsia (TVRI) kini jadi perbincangan. Apalagi, beredar konflik penonaktifan Dirut TVRI Helmy Yahya oleh Dewan Pengawas.

Sebelumnya beredar surat penonaktifan Helmy Yahya dari kursi Direktur Utama oleh Dewan Pengawas tertanggal 4 Desember, tanpa alasan yang pasti. Namun surat tersebut ditentang oleh Helmy dan menyebut keputusan itu cacat hukum.

Helmy Yahya duduk sebagai Dirut pada 2017, dan sejak itu pula TVRI mengalami sejumlah perubahan. Salah satu yang signifikan terlihat adalah peningkatan penayangan pertandingan sepak bola.



Pada pertengahan 2018, TVRI mendapat hak siar pra musim International Champions Cup. Kemudian pada akhir 2018, TVRI mendapat hak siar English Football League Championship dan Piala liga Inggris.

Helmy tampak ingin menarik penggemar sepak bola untuk beralih ke TVRI. Kemudian pada Maret 2019, TVRI mendapat hak siar pertandingan yang berada di bawah naungan Asian Football Confederation yang efektif mulai 2021.

[Gambas:Instagram]

Lalu pada pertengahan 2019, TVRI mendapat hak siar English Premier League. Untuk siaran ini, TVRI bekerja sama dengan layanan multi platform Mola TV.

Selain sepak bola, TVRI juga fokus pada penayangan pertandingan bulu tangkis. Stasiun televisi pelat merah ini juga mendapat hak siar 10 turnamen kejuaraan bulu tangkis internasional.


Perubahan signifikan lain adalah perubahan logo pada 29 Maret 2019. Logo TVRI yang baru terlihat lebih muda, meskipun sebagian pihak menyebut logo itu serupa dengan sebuah media Jerman.

Perubahan lain adalah merekrut pembaca berita dari kalangan muda agar menarik penonton muda. Hal ini menjadi terobosan upaya TVRI untuk merangkul penonton dari generasi milenial.

TVRI juga tercatat mendapatkan anugerah televisi ramah anak dari KPI. (end/end)