Sosok di Balik 'Kucumbu Tubuh Indahku', Pemborong Piala Citra

CNN Indonesia | Minggu, 08/12/2019 23:06 WIB
Sosok di Balik 'Kucumbu Tubuh Indahku', Pemborong Piala Citra Salah satu tangkapan layar adegan dalam film Kucumbu Tubuh Indahku. (Dok. Fourcolours Films)(Dok. Fourcolours Films)
Jakarta, CNN Indonesia -- Film Kucumbu Tubuh Indahku yang disutradarai Garin Nugroho dan diproduseri Ifa Isfansyah berhasil menjadi yang terbaik dalam gelaran Festival Film Indonesia (FFI) 2019.

Termasuk penghargaan kategori Film Cerita Panjang Terbaik, total ada delapan penghargaan yang berhasil direbut. Itu adalah borongan terbanyak oleh satu film dalam gelaran FFI 2019


Saat menerima Piala Citra FFI 2019 di atas panggung, produser Ifa Isfansyah menceritakan sedikit soal sosok di balik inspirasi pembuatan film yang diproduksi Fourcolours Films tersebut.


"Kami semua harus berterima kasih pada Rianto, salah seorang koreografer yang tinggal di Tokyo yang telah sangat ikhlas menyerahkan kisah hidupnya untuk kita adaptasi," kata Ifa seperti dilansir Antara, Minggu (8/12) malam.

Film yang menandai 38 tahun Garin Nugroho berkarya itu juga membuat sang sutradara kawakan tersebut untuk pertama kali membawa pulang Piala Citra sebagai Sutradara Terbaik.

Sosok di Balik Kucumbu Tubuh Indahku, Pemborong Piala FFISutradara Garin Nugroho. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Kucumbu Tubuh Indahku bercerita tentang seorang penari Lengger di sebuah desa kecil di Jawa bernama Juno, diangkat dari kisah hidup seorang penari dan koreografer bernama Rianto yang juga bermain dalam film tersebut sebagai Juno dewasa.

Kucumbu Tubuh Indahku memborong delapan penghargaan dalam FFI 2019, yakni Pemeran Pendukung Pria Terbaik, Penata Busana Terbaik, Penata Artistik Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik, Penata Musik Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Film Cerita Panjang Terbaik.

Sosok di Balik Kucumbu Tubuh Indahku, Pemborong Piala FFISalah satu tangkapan layar adegan dalam film Kucumbu Tubuh Indahku. (Dok. Fourcolours Films)
Muhammad Khan yang mendapat penghargaan Pemeran Utama Pria Terbaik mendedikasikan trofi tersebut untuk aktor Bollywood, Shahrukh Khan. Muhammad Khan menyatakan dirinya saat kecil terinspirasi menjadi aktor karena Shahrukh Khan. Tak hanya itu, di atas panggung FFI 2019 tersebut pun Muhammad Khan menunjukkan kebolehannya menyanyikan lagu dalam bahasa India.

[Gambas:Video CNN]
FFI 2019 memberikan penghargaan untuk 21 kategori, meliputi 18 film cerita panjang, delapan film dokumenter panjang dan pendek, enam film animasi pendek, dan enam film cerita pendek yang dinominasikan tahun ini.
 Tiga film yang paling banyak mendapatkan nominasi Piala Citra 2019 adalah Kucumbu Tubuh Indahku, Dua Garis Biru, dan Bumi Manusia dengan masing-masing total 12 nominasi.

(Antara/kid)