Pemain Boneka Legendaris Sesame Street Wafat di Usia 85

CNN Indonesia | Senin, 09/12/2019 05:32 WIB
Pemain Boneka Legendaris Sesame Street Wafat di Usia 85 Caroll Spinney di antara boneka atau The Muppets dalam serial Sesame Street pada 2017 lalu. (AFP/Getty Images/Dimitrios Kambouris)
Jakarta, CNN Indonesia -- Caroll Spinney, seniman boneka yang berhasil menghidupkan karakter Big Bird dalam serial Sesame Street, telah menghembuskan nafas terakhirnya, Minggu (8/12).

Spinney yang telah pensiun dari dunia hiburan pada Oktober 2018 itu wafat di usia ke-85.

Seperti dilansir AFP, Spinney meninggal di rumahnya yang berada berada di Connecticut, Amerika Serikat.


Berdasarkan pernyataan resmi dari Sesame Workshop, Spinney disebut memiliki riwayat medis gangguan dystonia yakni gejala yang tak bisa mengontrol kontraksi otot.

Dalam kariernya, selain sukses menghidupkan karakter Big Bird, Spinney juga menjadi tokoh di balik karakter Oscar The Grouch.

Sesame Street sendiri bisa dibilang salah satu pembentuk karakter anak-anak di Amerika Serikat, lalu populer ke dunia.

Serial televisi yang mengedepankan pendidikan karakter bagi anak prasekolah itu menjadi standar televisi edukasi. Serial tersebut pertama kali muncul pada 1969 lalu, dan masih aktif hingga saat ini.

[Gambas:Video CNN]
Big Bird adalah salah satu karakter dari belasan boneka karakter di Sesame Street. Karakter-karakter terkenal lain adalah Elmo dan Cookie Monster.

"Caroll adalah seorang jenius aris yang ramah dan juga mencintai dunia yang membentuk serta mendefinisikan Sesame Street dari awal berdirinya pada 1969 hingga selama lima dekade," demikian pernyataan Sesame Workshop.

Pada 2000 lalu, Caroll Spinney mendapatkan penghargaan Legenda Hidup (Living Legend) dari Perpustakaan Kongres AS. Namanya juga tercatat di trotoar bergengsi, Hollywood Walk of Fame.

(AFP/kid)


ARTIKEL TERKAIT