Kedewasaan Stray Kids dalam Levanter

CNN Indonesia | Selasa, 10/12/2019 10:38 WIB
Kedewasaan Stray Kids dalam Levanter Stray Kids akhirnya kembali dengan merilis mini album Clé : LEVANTER di sejumlah platform. (dok. JYP Entertainment via YouTube)
Jakarta, CNN Indonesia -- Stray Kids akhirnya kembali dengan merilis mini album Clé : LEVANTER. Album terbaru dan video musik terbaru Levanter resmi dirilis di sejumlah platform pada Senin (9/12).

Levanter merupakan lagu yang menampilkan emosi Stray Kids lewat melodi serta tempo lembut. Lewat lagu ini, Stray Kids juga memberi tahu tentang berani menerima kenyataan, mengetahui waktu untuk berhenti berlari dan memulai yang baru.

Hal itu disampaikan lewat video musik Levanter. Stray Kids menyajikan visual yang ciamik lewat bulan kembar, elevator serta tiket bus dengan tujuan 'New World'. Hal-hal tersebut diyakini fan mengandung pesan-pesan tersembunyi.


Beberapa bagian bahkan dianggap masih berhubungan dengan video musik sebelumnya, Hellevator.

Meski Leverage memiliki tone dan melodi yang lebih lembut dibandingkan sejumlah lagu Stray Kids sebelumnya. Anak asuh JYP Entertainment ini tetap menunjukkan koreografi yang enerjik.

Fan Stray Kids atau yang kerap disapa STAY menilai koreografi Felix dan Hyunjin di verse kedua tampak serupa dengan koreografi Side Effects. STAY mulai memberikan teori-teori video musik tersebut.





Beberapa member terlibat dalam penulisan lirik Levanter, seperti sang leader Bang Chan, Changbin dan Han atau yang ketiganya dikenal sebagai 3RACHA. CEO JYP Entertainment Park Jin-young juga terlibat dalam penulisan lagu ini.

Levanter menjadi video musik serta album pertama Stray Kids dengan formasi delapan anggota. Pada Oktober 2019, Woojin memilik keluar dari Stray Kids dan membatalkan kontrak eksklusif bersama JYP Entertainment.

Hal itu membuat Clé : LEVANTER yang rencana awal dirilis 25 November jadi diundur pada 9 Desember.

Clé : LEVANTER menjadi penanda serial album Clé yang dirilis sebelumnya telah berakhir. Serial album Clé dimulai pada Maret 2019 lewat Clé 1: Miroh dan berlanjut ke Clé 2: Yellow Wood pada Juni 2019.

Clé 1: MIROH menunjukkan keberanian serta kepercayaan diri Stray Kids untuk menghadapi segala sesuatu yang menghalangi mereka menuju kesuksesan.

Sementara itu, Clé 2: Yellow Wood berisikan kegundahan dan kekhawatiran Stray Kids dalam menghadapi perjuangan tersebut. Mereka pun mulai mempertimbangkan opsi-opsi lain.

Segala kegundahan tersebut pun berakhir dalam Clé : LEVANTER. Album tersebut berisikan penilaian masing-masing para member dari perjalanan serta petualangan sepanjang serial album Clé.

[Gambas:Youtube] (chri/end)