Sutradara Bongkar Cerita di Balik 'Standing Ovation' Parasite

tim, CNN Indonesia | Selasa, 10/12/2019 16:08 WIB
Sutradara Bongkar Cerita di Balik 'Standing Ovation' Parasite Mengenang momen standing ovation delapan menit untuk Parasite di Cannes 2019, sutradara Bong Joon-ho mengaku ia dan timnya sebenarnya kelaparan. (dok. Hancinema.net)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sutradara Parasite, Bong Joon-ho mengenang momen dirinya bersama pemain film tersebut saat diberi 'standing ovation' selama delapan menit pada acara Cannes Film Festival 2019 lalu.

Kepada Jimmy Fallon saat diwawancara dalam The Tonight Show starring Jimmy Fallon baru-baru ini, Bong menyebut mereka sebenarnya kelaparan dan meminta para penonton menyudahi tepuk tangan tersebut.

"Saya membaca bahwa film ini mendapatkan delapan menit standing ovation, dan kemudian kau datang dan yang kau katakan hanyalah 'terima kasih, mari kita pulang'. Apa yang terjadi? Kenapa?" kata Jimmy Fallon kepada Bong sambil menahan tawa.


"Karena sesungguhnya penayangan itu amatlah larut malam, hampir tengah malam, dan mereka tepuk tangan dalam waktu yang amat lama," kata Bong.

"Namun para aktor dan saya amat kelaparan, karena kami tak sempat makan malam," lanjutnya yang disambut tawa penonton.

Jimmy Fallon tampak tak kuasa menyembunyikan tawa, dia menutup wajahnya dengan tangan dan mendekat ke meja ketika Bong melanjutkan penjelasannya.

"Jadi sebenarnya, saya dan para pemain saling berkata satu sama lain 'aduh gue laper'. Dan mereka [panitia] kemudian merekam itu dalam video mereka," kata Bong.

"Tapi tepuk tangan itu tak juga berhenti. Jadi akhirnya saya mengatakan 'mari kita pulang'," kata Bong yang disambut tawa lepas Jimmy Fallon.

[Gambas:Youtube]

Kejadian yang diceritakan Bong terekam dalam sebuah video unggahan Festival de Cannes pada 22 Mei 2019.

Dalam video yang tepat diambil ketika pengenalan kru dan pemain Parasite tersebut, tampak seluruh pengunjung bertepuk tangan sepanjang video berdurasi lebih dari enam menit.

Tepuk tangan nyaris tidak berhenti bahkan ketika seluruh kru dan pemain Parasite sudah dikenalkan. Hingga kemudian, Bong diberikan microfon dan mengatakan terima kasih atas kedatangan para tamu dan mengajak pulang.

[Gambas:Youtube]

Parasite juga masih belum berhenti panen penghargaan. Setelah mendapatkan pengakuan sebagai Best Picture dalam LA Film Critics, film ini juga mendapatkan nominasi di Golden Globe Awards 2020.

Parasite mendapatkan tiga nominasi Golden Globe Awards 2020, yaitu Best Motion Picture-Foreign Language, Best Director untuk Bong Joon-ho, dan Best Screenplay-Motion Picture.

Nominasi lengkap Golden Globe Awards 2020 bisa dilihat di sini. (end)