Vidi Aldiano, Sedekade Menapak Karier Sebelum Idap Kanker

CNN Indonesia | Jumat, 13/12/2019 15:49 WIB
Vidi Aldiano, Sedekade Menapak Karier Sebelum Idap Kanker Vidi Aldiano merupakan salah satu penyanyi kenamaan yang sedekade berkiprah di dunia musik Indonesia. (Dok. Vidi Aldiano)
Jakarta, CNN Indonesia -- Vidi Aldiano mengaku mengidap kanker ginjal dan menjalani operasi pengangkatan di Singapura, Jumat (13/12). Kabar ini bukan hanya mengejutkan penggemarnya, tetapi juga industri musik Indonesia.

Lahir pada 29 Maret 1990 dengan nama asli Oxavia Aldiano, Vidi merupakan salah satu penyanyi kenamaan yang telah lama berkiprah di dunia musik Indonesia.

Di awal karier, ia dikenal lewat single Nuansa Bening pada 2009. Lagu itu sendiri merupakan garapan ulang dari lagu dengan judul sama yang dibawakan oleh penyanyi Keenan Nasution.


Telah berkarier di industri musik selama sepuluh tahun, Vidi telah merilis empat album. Ia juga sempat menyanyikan sejumlah lagu yang digarap ulang, salah satunya Cinta Jangan Kau Pergi yang dipopulerkan Sheila Madjid.

Penyanyi keturunan campuran Tionghoa dan Minangkabau ini memang tumbuh besar di tengah keluarga yang sangat menyukai musik.

Sejak umur 3 tahun, Vidi telah diajarkan untuk bermain piano oleh ibunya yang merupakan guru piano. Ia juga terpilih menjadi duta kesenian sekolah saat menjalani pendidikan sekolah dasar.

Ayah Vidi yang menyadari bakat anaknya pun menawarkan album demo putranya itu ke kolega yang memiliki perusahaan rekaman. Namun sayangnya album itu banyak ditolak dengan alasan penyanyi solo pria cenderung tak populer.

Setelah ditolak sebanyak 6 kali, usaha ayah Vidi akhirnya membuahkan hasil. Pada akhir 2009, produser Lala Hamid tertarik memproduseri single Vidi setelah melihat penampilannya.

Momen itu jadi awal mula karier Vidi sebagai penyanyi solo pria di industri musik Indonesia.

Di samping berprofesi menjadi penyanyi, Vidi tak melupakan pendidikan. Setelah lulus dari bangku sekolah, Vidi melanjutkan pendidikan ke Universitas Pelita Harapan.

Setelah itu, Vidi melanjutkan pendidikan ke jenjang magister di University of Manchester pada 2013. Pada 2015 Vidi berhasil lulus dari jurusan Management and Entrepreneurship dengan predikat cumlaude.

Belum lama ini Vidi baru saja memenangkan penghargaan dalam Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards dalam kategori DUO/ GRUP/ GRUP Kolaborasi Urban Terbaik dengan bersama dengan Sheryl Sheinafia dan Jevin Julian untuk lagu I Don't Mind.

Pada 13 Desember 2019, Vidi mengungkapkan bahwa ia menderita penyakit kanker ginjal melalui unggahan di media sosialnya. Dalam unggahan tersebut Vidi memohon doa atas kelancaran operasi yang akan dilaksanakan hari ini di sebuah rumah sakit di Singapura.

[Gambas:Youtube] (kir/end)