Salah Satu Anggota Grup I.O.I Diduga Hasil Manipulasi

CNN Indonesia | Sabtu, 14/12/2019 10:02 WIB
Salah Satu Anggota Grup I.O.I Diduga Hasil Manipulasi Kejaksaan Korea menyebut manipulasi sudah terjadi sejak Produce musim pertama, salah satunya ada anggota I.O.I hasil dari kecurangan. (Anthony WALLACE / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kejaksaan Korea Selatan mengungkapkan manipulasi perhitungan suara sudah terjadi sejak Produce musim pertama. Mereka mengatakan satu anggota masuk secara tidak adil dalam grup pemenang, I.O.I.

Manipulasi suara dilaporkan terjadi dua kali dalam musim pertama Produce 101. Hal itu pertama kali dilakukan saat proses eliminasi 101 anggota ke 61 besar.

Dua peserta di peringkat atas dieliminasi dan digantikan dengan dua peserta dari peringkat bawah.


Manipulasi kembali dilakukan saat siaran langsung. Satu anggota yang sudah masuk Final Top 11 diganti dengan peserta di luar 11 besar.

Kejaksaan mengatakan hal itu tak dilakukan Producing Director (PD) Ahn Joon-young. Dalam pemeriksaan, ia membantah hal tersebut dan menyatakan hanya bertanggung jawab dalam proses sunting.

Oleh sebab itu, manipulasi suara musim pertama Produce 101 diduga dilakukan oleh Chief Producer 'Han'.

"Kami berkesimpulan hal itu dilakukan mantan Chief Producer CJ ENM Han dan penulis utama 'Park' dan PD Ahn Joon-young tak terlibat hal ini," ucap perwakilan kejaksaan seperti dilansir Media Today.

Sebelumnya, PD Ahn Joon-young mengaku memanipulasi perhitungan suara dalam Produce 48 dan Produce X 101. Hal itu dilakukan supaya trainee dari sejumlah agensi bisa debut dalam IZ*ONE dan X1.

Tak lama setelah itu, kepolisian menyelidiki lebih lanjut ke seluruh musim ajang pencarian bakat tersebut.

Pernyataan terbaru dari Kejaksaan ini menguatkan dugaan warganet atas manipulasi peringkat di seluruh musim Produce 101. (chri/end)