FOTO: Ingar-Bingar Karaoke Massal Milenial

Bisma Septalisma, CNN Indonesia | Minggu, 15/12/2019 15:51 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Demam karaoke massal kini menjangkiti kawula muda. Gelaran bernyanyi bersama itu digelar hampir setiap hari di sejumlah tempat hiburan malam di Jakarta.

Bak konser, penguasa mikrofon karaoke memimpin paduan suara para pengunjung bar yang menyanyi massal walau tak saling kenal. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Tak ada panggung khusus. Siapa pun boleh unjuk gigi, sekali yang keluar adalah nada sumbang juga tak akan ada yang akan menghakimi. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Hafal lirik atau tidak tak jadi masalah. Selayaknya karaoke sungguhan, tersedia layar berisi lirik lagu yang sedang dimainkan. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Lantunan lagu yang diputar rata-rata sama, mulai dari lagu-lagu hit milik Britney Spears, Beyonce, Backstreet Boys, hingga Dewa 19. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Lagu
Oomleo adalah sosok di balik kemunculan ingar-bingar karaoke massal. Jauh sebelumnya, penyandang nama lahir Narpati Awangga ini sudah mulai menggagas konsep karaoke massal sejak awal medio 2000-an. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Oomleo mengakui, riuh rendah karaoke massal ini muncul karena kejenuhan masyarakat. Tak cuma dengan keseharian, tapi juga perkembangan musik yang stagnan. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Tak ayal, karaoke yang dulu hanya berlangsung di ruang-ruang privat, kini mulai meluas ke bar-bar kecil dengan jadwat yang padat. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Tren karaoke massal ini ikut menambah seubur pendapatan bar-bar yang rutin menggelar karaoke. Tak tanggung-tanggung, pendapatan terbanyak pun mereka raih saat gelaran karaoke massal dilangsungkan. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Riuhnya suasana membuat pengunjung terkadang tak peduli kala hari mulai berganti. Tak sedikit dari mereka yang tetap asyik larut dalam keseruan meski esok pagi harus kembali bekerja. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Tren ini lantas menimbulkan tanda tanya dari para pelaku bisnis karaoke keluarga soal pembayaran royalti dari lagu-lagu yang diputarkan di acara karaoke massal. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)